sign up SIGN UP search


parenting

4 Cara Membuat Slime Activator agar Mudah Menggumpal

Asri Ediyati Kamis, 06 Feb 2020 18:05 WIB
Slime menggumpal karena slime activator. Sebenarnya apa sih isi slime activator itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, Bunda bisa simak cara membuatnya di sini. caption
Jakarta - Slime bisa dimainkan si kecil tanpa takut lengket karena menggumpal dan elastis seperti karet. Nah, untuk bisa menggumpal diperlukan slime activator. Sebelumnya, HaiBunda telah jelaskan sains di balik slime yang bisa menggumpal.

Dilansir Little Bins Little Hands, bahan dasar slime adalah lem. Kita tahu, lem adalah polimer dan terbuat dari untaian atau molekul yang panjang, berulang, dan identik.


Jika ditambahkan dengan ion borat ke dalam campuran, maka menghubungkan untaian panjang ini bersama-sama. Molekul-molekul itu menjadi kusut dan bercampur hingga akhirnnya menjadi lebih tebal seperti karet.


Untuk tahu cara membuat slime activator, berikut caranya agar slime mudah menggumpal.

1. Menggunakan air dan gom

Sediakan 100 cc air dan satu botol gom. Larutkan gom satu botol dan aduk hingga merata. Gom sendiri merupakan obat sariawan yang tersedia di apotek. Harganya pun terjangkau kurang lebih Rp3.500.

2. Detergen cair

Detergenn cair adalah aktivator yang cukup sederhana. Yang Bunda bisa lakukan adalah menambahkannya perlahan-lahan pada lem dan slime akan menggumpal.

3. Cairan kontak lensa dan baking soda

Untuk membuat aktivator ini tambahkan beberapa baking soda (tergantung pada jumlah lem) ke lem dan aduk. Kemudian tuangkan cairan kontak lensa dan aduk hingga slime menggumpal. Demikian dikutip dari Amino.

4. Sampo dan garam

Tuangkan sampo dan garam sedikit demi sedikit. Aduk hingga menggumpal. Khusus untuk sampo dan garam, setelah diaduk slime disimpan dahulu di freezer, baru lah bisa dimainkan.


Simak juga cara membuat crunchy slime melalui video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi