sign up SIGN UP search


parenting

5 Tantangan di Medsos yang Berbahaya, Selain Skullbreaker Challenge

Siti Hafadzoh Senin, 24 Feb 2020 06:00 WIB
Selain skullbreaker challaenge, lima tantangan berikut berbahaya ditiru anak. Simak selengkapnya di sini, Bun, agar bisa lakukan tindakan pencegahan. caption
Jakarta - Baru-baru ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta orang tua dan guru lebih waspada terhadap berbagai challenge di media sosial. Salah satu yang menjadi sorotan adalah skullbreaker challenge.

Dalam challenge ini, ada tiga orang yang berdiri sejajar dan melompat bersama-sama. Saat orang yang ada di tengah melompat, dua orang lainnya menendang kaki orang tersebut hingga ia jatuh ke belakang. Kemungkinan besar ia akan terjatuh dan cedera.


Selain skullbreaker challenge, dikutip dari News Channel, tantangan berikut ini sangat berbahaya jika dilakukan anak.


1. Outlet challenge

Tantangan ini menggunakan pengisi daya telepon yang dicolokkan ke stopkontak di dinding. Kemudian, menggeserkan satu uang koin ke sela antara stopkontak dengan pengisi daya.

Outlet challenge sangat berbahaya jika dilakukan anak, Bun. Ini akan menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan kebakaran. Selain itu, anak juga bisa tersetrum ketika melakukan tantangan ini.

2. Fire challenge

Orang yang melakukan tantangan ini menyiram tubuhnya dengan cairan yang mudah terbakar. Kemudian membakar diri mereka sendiri.

Cairan yang mudah terbakar akan membuat kulit menjadi iritasi dan memerah. Ini sangat berbahaya ketika ada api di sekitarnya, Bun.

3. Salt and ice challenge

Tantangan ini tidak melibatkan api tetap bisa membakar kulit. DalamĀ challenge ini, mereka menaruh garam di atas kulit. Kemudian, menaruh dan menahan es di atasnya.

Salt and ice challenge melihat berapa lama orang tersebut dapat menahan rasa sakit. Tantangan ini bisa menyebabkan anak mengalami luka bakar tingkat dua, bahkan tingkat tiga. Sudah ada beberapa korban yang harus memperbaiki kondisi kulitnya dengan prosedur cangkok.

4. Tide-pod challenge

Tantangan ini pertama kali muncul pada tahun 2018. Remaja saling menantang untuk makan deterjen cucian di depan kamera dan mengunggahnya di media sosial.

Tide-pod challenge tentu sangat berbahaya. Deterjen mengandung racun yang sangat bahaya untuk tubuh.


5. Pass out challenge atau choking game

Tantangan ini sudah muncul sejak lama. Pass out challenge sudah ada di internet selama bertahun-tahun.

Mereka sengaja menghambat oksigen dengan tujuan bersenang-senang. Tapi, ini malah menyebabkan kehilangan kesadaran.

Jadi, selalu awasi anak ketika akan melakukan challenge yang viral di media sosial ya, Bun. Jangan sampai anak melakukan tantangan yang berbahaya.

Bunda juga bisa lihat cara memilih mainan untuk anak sesuai gender di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi