sign up SIGN UP search


parenting

Kulit Bayi Sensitif, Ini Cara Cegah dan Obatinya

  |   Haibunda Rabu, 01 Jul 2020 21:20 WIB
Ilustrasi Katalog Transmart HaiBunda caption
Jakarta -

Kulit bayi yang baru lahir dikenal sangat sensitif dibanding kulit orang dewasa karena cenderung masih tipis dan halus. Kulitnya pun lebih sensitif dan rentan mengalami masalah iritasi seperti eksim dan ruam.

Oleh karena itu, kulit sensitif Si Kecil membutuhkan perawatan dan produk khusus. Sebab, jika salah memilih produk perawatan, kulit bayi justru bisa mengalami gangguan kesehatan.

"Terkadang, kondisi ini juga dapat mengindikasikan penyakit yang lebih serius," ujar perawat Megan Dix, RN, BSN, dikutip dari Healthline.


Namun, bunda jangan khawatir, mengutip Parents, berikut ada cara tepat merawat kulit bayi yang sensitif imbas iritasi kulit seperti eksim dan ruam.

Mengatasi Eksim

Eksim merupakan ruam merah yang gatal pada bayi. Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak yang memiliki riwayat keluarga asma, alergi, atau dermatitis atopik. Eksim umumnya muncul di wajah bayi seperti ruam yang berubah menjadi tebal, kering, dan bersisik.

Untuk mengobatinya, identifikasi dan hindari pemicu apa pun. Gunakan sabun dan deterjen lembut, dan oleskan pelembab dalam jumlah sedang. Eksim yang lebih parah harus diobati dengan obat resep dari dokter.

Ganti Popok Jika Ruam

Ruam ini adalah kondisi di mana bayi mengalami kulit merah di sekitar area popok. Hal ini dapat terjadi jika popok tersebut terlalu ketat dan basah dalam waktu yang lama.

Nah untuk menghindarinya Bunda dapat membiarkan area popok terbuka dalam waktu cukup lama, dan mengganti popok yang sudah basah tersebut

Perawatan Mandi

Untuk pencegahan, jaga kulit bayi tetap terhidrasi dengan memandikannya menggunakan air hangat selama 3 hingga 5 menit. Hindari membiarkan bayi bermain atau berendam terlalu lama dalam air yang dicampur sabun.

Mandikan bayi dengan air dingin (tidak panas) jika kulit sudah iritasi atau mengalami ruam gatal. Oleskan lotion kalamin atau larutan baking soda ke daerah ruam. Untuk ruam gatal lokal bukan karena jamur, cacar air, atau infeksi bakteri, Bunda dapat oleskan krim hidrokortison 1 persen.

Menjaga kulit bayi yang serba sensitif memang cukup sulit ya, Bun. Tapi jangan khawatir, saat ini berbagai produk perawatan Si Kecil saat ini sudah bisa Bunda dapatkan di e-Catalogue Haibunda lho. Di sini Bunda bisa pilih berbagai macam sabun untuk Si Kecil yang mengandung anti bakteri dan anti iritasi.

Bahkan, berbagai diaper cream yang bisa bantu atasi ruam popok pada kulit Si Kecil. Pastikan Bunda memberikan perawatan terbaik untuk Si Kecil dengan belanja di Katalog Haibunda.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!