sign up SIGN UP search


parenting

Jangan Panik! 4 Langkah Mudah Ini Bisa Atasi Ruam Popok Si Kecil

  |   Haibunda Rabu, 01 Jul 2020 21:40 WIB
Ilustrasi Katalog Transmart HaiBunda caption
Jakarta -

Kulit bayi memang terkenal sangat sensitif jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Kulit kemerahan, biang keringat, dan gatal-gatal menjadi tanda yang sering muncul saat bayi terkena benda atau kuman.

Ruam popok juga merupakan salah satu hal yang sering muncul saat Si Kecil mengalami iritasi, kulit sensitif, atau bahkan alergi terhadap makanannya. Ruam popok biasanya sering muncul di tempat yang lembab dan terlihat seperti bercak merah.

Saat Si Kecil mengalami ruam popok, Bunda tentunya tak usah khawatir akan hal ini. Jika Bunda tetap menjaga kebersihan Si Kecil, tentu kulitnya pun akan terhindar dari munculnya ruam popok. Melansir Healthline, berikut beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi ruam popok pada kulit bayi.


Pastikan Selalu Kering

Cara paling penting untuk mencegah dan mengatasi ruam adalah dengan menjaga pampers tetap kering dan bersih serta tidak dibungkus terlalu erat. Selain itu, hindari juga penggunaan pampers selama 24 jam. Bunda bisa biarkan Si Kecil tanpa pampers di siang hari dan menggantinya dengan popok atau celana.

Jaga Kebersihan

Saat mengganti popok atau pampers Si Kecil, bersihkan area tersebut dengan lembut menggunakan kain lembut atau tissue basah tanpa alkohol. Hindari menggosok kulit Si Kecil terlalu keras karena dapat membuat kulitnya iritasi. Gunakan juga sabun khusus bayi saat memandikannya.

Ganti Popok

Saat Si Kecil mengalami ruam popok, Bunda harus waspada dengan cara penggantian popok. Yang terbaik adalah mengganti popoknya sesering mungkin dan segera jika popok atau pampers telah kotor. Saat mencuci popok, bilas lah popok dua hingga tiga kali untuk menghilangkan sisa sabun karena beberapa bayi mungkin sensitif terhadap deterjen atau wewangiannya.

Gunakan Krim

Bunda dapat menggunakan krim yang mengandung zinc untuk mengatasi iritasi ringan pada area ruam popok. Krim jenis ini biasanya juga bisa menenangkan kulit dan mencegah kontak dengan kotoran dan iritasi lainnya.

Menjaga kulit bayi yang serba sensitif memang cukup sulit ya, Bun. Tapi jangan khawatir, saat ini berbagai produk perawatan Si Kecil saat ini sudah bisa Bunda dapatkan di Katalog Haibunda lho.

Di sini Bunda bisa pilih berbagai macam sabun untuk Si Kecil yang mengandung anti bakteri dan anti iritasi. Bahkan, berbagai diaper cream yang bisa bantu atasi ruam popok pada kulit Si Kecil. Pastikan Bunda memberikan perawatan terbaik untuk Si Kecil dengan belanja di e-Catalogue Haibunda.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!