sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini Lho 9 Aktivitas untuk Merangsang Perkembangan Bayi 2 Bulan

Jujuk Ernawati Sabtu, 25 Jul 2020 16:05 WIB
Ilustrasi Bayi caption
Jakarta -

Ketika Bunda baru memiliki bayi, setiap perkembangannya sekecil apapun sangat berharga. Dan setiap hari si kecil tampaknya berubah dan belajar keterampilan baru.

Namun Bunda perlu ingat bahwa setiap bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Jadi Bunda jangan membandingkan bayi yang satu dengan lainnya, ya.

Nah ketika menginjak usia 2 bulan, bayi akan memiliki beberapa keterampilan baru yang mungkin membuat Bunda terkejut. Dikutip dari The Tot, bayi secara umum sudah bisa melakukan gerakan lebih halus dengan tangan dan kakinya, mulai membuka tangan, dan mengangkat kepala sekitar 45 derajat saat tengkurap.


Selain itu, mata mereka akan mulai mengikut benda yang bergerak di sekitarnya, mulai mengenali orang dari kejauhan, memperhatikan wajah terutama wajah orang tua mereka, dan mencari suara. Bayi pada usia ini juga akan membuat suara selain tangisan, seperti mengoceh atau suara seperti kumur-kumur.

Mereka juga akan membuat tangisan khas untuk memberitahu saat lapar atau buang air, membuat suara ketika mendengar suara yang akrab di telinganya, mulai tersenyum pada orang lain, hingga mulai bisa berbalik ke samping. Nah Bun, untuk lebih menguatkan ikatan sekaligus merangsang perkembangan bayi 2 bulan, berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, dikutip dari Mom Junction:

1. Menyanyikan lagu pengantar tidur

Bunda bisa bersenandung dan menyanyikan lagu favorit anak-anak. Gunakan berbagai dinamika dalam suara ketika bernyanyi karena bayi akan merespons suara Bunda. Dia mencoba berkonsentrasi saat Bunda bernyanyi. Lihat apakah dia memberikan isyarat dalam bentuk ekspresi wajah atau gerakan. Keterampilan yang bisa dipelajari bayi dari aktivitas ini adalah mendengar dan bahasa. 

2. Menggoyangkan mainan

Bunda membutuhkan mainan lunak berukuran kecil dan berwarna cerah, seperti boneka binatang atau bola busa. Yang perlu Bunda lakukan adalah membiarkan si kecil berbaring di permukaan yang aman dan rata, kemudian ambil mainan lunak dan perlahan dekatkan mainan tersebut, lalu pindahkan dari satu sisi ke sisi lainnya sehingga si kecil bisa mengikuti gerakan menggunakan matanya. Keterampilan yang dipelajari bayi dari aktivitas ini adalah pengembangan visual. 

3. Menari

Bunda bisa mulai dengan menyalakan musik. Kemudian, gendong bayi dengan hati-hati di dadanya, lalu bergerak perlahan dan sinkron dengan musik. Para ahli yakin kegiatan ini membantu si kecil mengembangkan minat dalam musik dan memperkuat ikatan dengan orang tua.

4. Memijat

Bunda bisa melepas pakaian si kecil termasuk popoknya, lalu baringkan bayi di permukaan yang aman dan rata. Pastikan juga ruangan sunyi dan dalam suhu hangat.

Setelah itu, mulailah mengusap dengan lembut bagian kaki, perut, dan lengan bayi. Kemudian, berikan pijatan di punggung dan di sekitar bahu untuk menguatkan area tersebut. Bunda bisa menggerakkan kaki si kecil seolah-olah sedang mengayuh sepeda dan tepukkan lengan atau renggangkan. Aktivitas ini membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang sangat penting bagi perkembangannya secara keseluruhan.

5. Tersenyum

Bunda bisa memulainya dengan melihat langsung ke mata si kecil dan tersenyum karena mereka suka diperhatikan. Setiap kali mereka memandang wajah Bunda yang tersenyum, dorong dia untuk tersenyum kembali dan mengatakan 'senyum', lalu tersenyumlah lagi. Dengan begini, dia akan belajar mengembangkan emosinya.

Bayi Baru LahirBayi/ Foto: iStock

6. Memeluk

Setiap Bunda mengendong bayi, peluklah dia dan katakan, 'Bunda mencintaimu'. Bunda mungkin berpikir si kecil terlalu muda untuk memahaminya, tetapi itu akan membantu perkembangan emosi dan memahami pentingnya sentuhan.

7. Membaca

Membaca buku adalah salah satu hal yang menyenangkan dilakukan dengan bayi berusia 2 bulan dan membantu bayi bersosialisasi. Bunda juga bisa menunjukkan foto keluarga dengan wajah tersenyum.

8. Kenalkan warna dan lampu

Bunda membutuhkan mainan berwarna cerah yang dilengkapi lampu dan musik. Mainan tersebut bisa Bunda gantung di atas boks bayi. Bayi akan mencoba menjangkaunya, dengan cara merenggangkan tubuh, yang juga memberinya latihan fisik.

Nah ketika bayi memainkan mainan dengan lampu dan musik akan membuatnya sibuk. Bunda mungkin akan terkejut ketika bayi memukul benda tersebut. Dan keterampilan yang bisa dipelajari bayi dari aktivitas ini adalah mengembangkan sensoriknya. 

9. Tummy time

Ketika bayi tumbuh, penting untuk memberikan tummy time (waktu tengkurap) yang cukup setiap harinya, Bunda. Namun ada baiknya minta saran dokter sebelum melakukannya, ya Bun.

Tummy time akan membantu memperkuat otot dan perlahan akan membuatnya belajar bergerak dan berguling. Oia, Bunda harus ingat untuk tidak membuat bayi 2 bulan tengkurap dalam waktu yang lama karena bisa melukai leher dan punggungnya atau membuatnya merasa tidak nyaman.

Bunda bisa simak tips mengganti popok bayi di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi