sign up SIGN UP search


parenting

Bayi 3 Bulan Belum Bisa Tengkurap? Begini Penjelasannya, Bunda

Haikal Luthfi Minggu, 26 Jul 2020 14:57 WIB
Baby boy wearing diaper in white sunny bedroom. Newborn child relaxing in bed. Nursery for children. Textile and bedding for kids. Family morning at home. New born kid during tummy time with toy bear. caption
Jakarta -

Bunda, apakah si kecil sudah bisa tengkurap atau tummy time? Posisi ini sangat baik untuk bayi, apalagi jika ia sudah berusia 3 bulan.

Tengkurap merupakan cara terbaik untuk merengangkan otot-otot bayi yang kaku, sehingga dapat membuat pergerakanya lebih fleksibel. Untuk beberapa bayi, posisi ini dapat dilakukan sehari lima kali selama 5-15 menit setiap tengkurap. Bahkan, bisa lebih bila si kecil merasa senang, Bunda.

Mengutip The Bump, manfaat tummy time bagi bayi, di antaranya dapat meningkatkan keterampilan motoriknya, melatih kekuatan otot, mencegah plagiocephaly atau flat head syndrome (kepala peyang), membantu mengurangi rasa sakit pada perut bayi, serta membantu mengenalkan bayi pada lingkungan yang berbeda.


Seiring bertambahnya usia si kecil, durasi tummy time dapat ditingkatkan secara bertahap, Bunda. Targetkan sekitar 20 hingga 30 menit sehari waktu tengkurap bayi saat usianya 3 bulan. Kemudian terus berlatih sampai ia dapat berguling sendiri. Namun, terkadang ada juga bayi yang sudah melewati usia 3 bulan belum kunjung bisa tengkurap.

Bunda tak perlu khawatir karena kondisi itu normal dan bukan tanda bayi mengalami keterlambatan dalam perkembangan motoriknya. Itu karena perkembangan setiap bayi berbeda-beda, jadi tak perlu menyamakan perkembangan bayi Bunda dengan lainnya.

4 months adorable baby girl lying on tummy in her father's handsIlustrasi bayi tengkurap/ Foto: iStock

Kemampuannya akan terus berkembang, dan Bunda harus membantu untuk mendukungnya. Dikutip dari laman What to Expect, banyak bayi yang tidak menyukai tengkurap pada awalnya, tetapi sebagian besar mulai menolerir dan kadang-kadang justru menikmatinya ketika mereka membangun otot yang diperlukan untuk mengangkat kepalanya.

Supaya bayi mau tengkurap, Bunda harus mencari cara untuk mengatasi rasa tidak nyamannya. Nah, beberapa cara itu, yakni:

  • Untuk di awal, usahakan lakukan tummy time sekitar 1- 2 menit.
  • Cobalah untuk memijat kakinya. Jika ia suka, Bunda dapat melakukan tummy time.
  • Ajak kakak tertuanya untuk bergabung. Bayi mungkin akan merasakan tekanan, namun dengan adanya wajah segar dapat membuat tummy time lebih menarik. Mereka memiliki lebih banyak permainan ketika bayi membutuhkan dorongan energi. Pastikan untuk terus mengawasi keduanya ya Bun.

Simak juga Bunda, cara merawat gigi bayi 6 bulan pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi