sign up SIGN UP search


parenting

Bolehkah Bayi 3 Bulan Minum Air Putih?

Haikal Luthfi Selasa, 21 Jul 2020 14:54 WIB
Mother give baby water from baby bottle, baby likes it caption
Jakarta -

Air putih sangat baik untuk tubuh karena dapat menjaga kadar cairan sehingga terhindar dari dehidrasi. Air putih memang sangat bermanfaat, tetapi apakah air putih bermanfaat dan aman untuk dikonsumsi bayi 3 bulan?

Perlu diketahui Bunda, apapun yang diberikan kepada bayi, pertama-tama harus tahu terlebih dahulu asupan yang boleh dikonsumsi, mengingat usia mereka masih terlalu dini. Terkadang, mungkin saja mengonsumsi asupan tertentu dapat menjadi sumber masalah pada bayi.

Dilansir dari laman Being the Parent, bayi di bawah usia 6 bulan secara eksklusif harus diberi air susu ibu (ASI), Bunda. ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan imunnya.


ASI adalah satu-satunya makanan yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan sehat selama enam bulan pertama kehidupannya. Sehingga Bunda, tidak perlu lagi memberikan apapun secara eksternal, bahkan air putih sekalipun.

Alasan air putih belum saatnya dikonsumsi bayi 3 bulan karena perut kecilnya hanya bisa menerima air susu. Di samping itu, pemberian air putih pada bayi justru akan mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan dapat memengaruhi fungsi otak dan jantung mereka.


Benci Air PutihIlustrasi air putih/ Foto: Istimewa



Karena itu, pemberian air putih pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan tidak dianjurkan, Bunda. Menurut penelitian, bayi yang diberi ASI tidak membutuhkan asupan air tambahan. Pemberian air putih baru boleh dilakukan ketika usianya sudah di atas 6 bulan karena bayi sudah mulai mengonsumsi makanan pertama mereka atau yang lebih dikenal dengan sebutan makanan pendamping ASI (MPASI).

Dikutip dari Haldimand and Norfolk Health Unit, ASI masih merupakan sumber energi dan nutrisi yang penting untuk setidaknya 2 tahun pertama kehidupan. Tidak masalah apakah ASI atau makanan diberikan pertama kali saat makan, Bunda dapat memutuskan berdasarkan kenyamanan dan isyarat bayinya.

Nah, setelah enam bulan, bayi boleh diberi air putih jika ia terlihat haus. Bunda dapat memberikan mereka air putih dalam cangkir terbuka alih-alih cangkir atau botol sippy. Minum dari cangkir terbuka dapat meningkatkan keterampilan minum mereka.

Selain air putih, beberapa minuman di luar ASI seperti jus, teh bahkan susu formula sekalipun tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia 6 bulan. Jika Bunda bingung dengan aturan pemberian air putih atau jika bayi mengalami gangguan kesehatan setelah terlanjur diberikan air putih, segera konsultasikan hal ini kepada dokter ya, Bun.

Simak juga Bunda, bayi bisa terkena infeksi saluran kemih pada video berikut:

 

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi