sign up SIGN UP search


parenting

Shandy Aulia Klarifikasi soal Madu di MPASI, Tapi Masih Dihujat Netizen

Siti Hafadzoh Sabtu, 25 Jul 2020 19:00 WIB
shandy aulia caption
Jakarta -

Shandy Aulia dikritik habis-habisan oleh netizen soal makanan pendamping ASI (MPASI) yang diberikan untuk putrinya, Claire Herbowo. Kenapa ya, Bunda?

Beberapa waktu lalu, Shandy Aulia mengunggah video di YouTube tentang MPASI untuk putrinya. Dalam video itu, Shandy mencampurkan madu murni ke dalam makanan untuk Claire.

Nah, beberapa orang tua mengkritik tindakan Shandy Aulia ini, Bunda. Mereka mengatakan bahwa menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), bayi di bawah usia 1 tahun belum boleh mengonsumsi madu.


Terkait kritik tersebut, Shandy Aulia membuat klarifikasi di Instagram-nya. Ia mengatakan, pemberian madu untuk Claire adalah berdasarkan alasan pribadinya dan tidak bermaksud menyarankan kepada siapapun.

"Menyadari postingan saya berdampak Pro-Kontra yang terjadi dan perbedaan pendapat sehingga tidak hanya adu pendapat secara sehat saja. tetapi juga mengarah kepada saling menghujat dengan asumsi dan perkataan sesama para ibu-ibu dengan pandangannya masing-masing," tulis Shandy Aulia pada Jumat (24/7/2020).

Shandy Aulia meluruskan, ia akan mengikuti anjuran dari WHO untuk tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun. Ia juga berterima kasih kepada orang-orang yang peduli dengan tayangan di YouTube-nya.

"Sebagai seorang ibu saya dan semua ibu-ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya dengan cara dan versinya masing-masing. Kiranya kita semua para Ibu dapat menjadi ibu yang terbaik bagi anak kita. Bukan merasa menjadi paling baik dari ibu-ibu lainnya," ujar Shandy.

shandy auliaUnggahan Shandy Aulia/ Foto: Instagram @shandyaulia

Beberapa jam kemudian, Shandy Aulia menjawab komentar-komentar negatif tentang dirinya di media sosial. Shandy Aulia secara khusus membuat postingan untuk menjawab komentar netizen.

Salah satu netizen mengatakan, ia menunggu-nunggu Shandy Aulia mengakui kesalahannya tentang MPASI. Tapi, Shandy menjawab, klarifikasi ini bukan soal benar atau salah, Bunda.

"Kata kata anda "MENGAKUI KESALAHAN ?" Mba/Ibu Klarifikasi bukan urusan SALAH/ BENAR tapi sebuah keputusan untuk meluruskan hal atau topik supaya tidak adanya lagi pemahaman yang salah," jawabnya.

Netizen lainnya mengatakan bahwa Shandy Aulia memberikan MPASI kepada Claire sebelum usia 6 bulan karena kurang berat badan. Tapi, netizen itu beranggapan bahwa Shandy Aulia tidak berani mengatakan bahwa anaknya kurus. Hal ini pun dibantah oleh Shandy Aulia.

"Anak saya sesuai dan masuk dengan kurva berat bayi ideal tidak UNDERWEIGHT sesuai dengan beratnya di usia bayi 5 Bulan," kata Shandy Aulia.

Bayi di bawah usia 1 tahun memang belum boleh mengonsumsi madu ya, Bunda. Mengutip Baby Center, madu mengandung spora bakteri yang disebut clostridium botulinum.

Menurut pakar diet yang juga anggota British Dietetic Association, Sarah Schenker, PhD, spora bakteri ini bisa menyebabkan keracunan makanan yang dialami bayi atau disebut botulisme. Gejala botulisme biasanya muncul sekitar 8 sampai 36 jam setelah si kecil dikasih madu.

Jadi, sebaiknya hindari dulu ya pemberian madu untuk bayi di bawah 1 tahun.

Lihat juga cerita Donna Agnesia jalani rumah tangga dengan Darius yang 6 tahun lebih muda darinya berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi