sign up SIGN UP search


parenting

5 Doa Supaya Bunda Dikarunia Anak Sholeh

Annisa Afani Kamis, 27 Aug 2020 14:04 WIB
Muslim boy learning how to make Dua to Allah caption
Jakarta -

Memiliki anak adalah sebuah anugerah dari Allah SWT. Dan sebagai orang tua, tentu ingin memiliki anak yang sholeh dan sholehah.

Nah, supaya anak menjadi sholeh dan sholehah selain dengan mendidiknya dengan baik, Bunda dan Ayah juga memintanya dengan berdoa. Ada beberapa doa yang diajarkan para Nabi dan tertulis dalam Al-Qur'an maupun Hadist.

Menurut Ustaz Abu Salma Muhammad, doa meminta anak sholeh tidak hanya dipanjatkan setelah menikah. Akan lebih baik jika berdoa sejak jauh-jauh hari, Bunda.


"Doa ini bisa kita panjatkan sejak sebelum memiliki anak, bahkan saat kita belum memiliki istri. Berdoalah agar kelak jika Allah SWT memberikan kita anak, maka dikaruniai dengan anak-anak yang soleh, yang berbakti kepada orang tuanya," katanya dalam kanal YouTube Yufid.TV.

Ustaz Abu Salma menuturkan bahwa dalam Al-Quran, ketika Allah SWT bicara soal anak sebagai penyejuk mata dan keturunan yang baik, itu adalah doa-doa orang yang sholeh, yakni doanya Nabi Ibrahim AS dan Zakariya AS.

"Dalam bentuk doa ketika Allah berbicara anak-anak saleh, seakan kita bisa mendapatkan anak sholeh awali dengan doa," ujarnya.

Berikut ini beberapa doa yang bisa Bunda dan Ayah lantunkan untuk mendapatkan anak sholeh:

Doa Nabi Ibrahim AS

Doa yang dilantunkan Nabi Ibrahim AS untuk meminta keturunan yang sholeh disebutkan dalam Al-Qur'an, tepatnya pada Surat Ash Shaffaat ayat 100, yang berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang sholeh."

Allah SWT pun mengabulkan doa tersebut, Bunda. Di hari tuanya, Nabi Ibrahim AS diberikan keturunan yang sholeh, sekaligus mewarisi kenabiannya, yakni Nabi Ismail AS dan Ishak AS.

ilustrasi anak salatilustrasi anak salat/ Foto: iStock

Nah, Bunda setelah Allah memberikan anak dan keturunan, maka doa untuk anak sebaiknya tidak terputus, lho. Meneladani Nabi Ibrahim AS, dia tidak pernah berhenti dan terus mendoakan agar anak-anaknya tetap menjadi sosok yang sholeh.


Sebagaimana yang tertulis dalam Al-quran di Surat Ibrahim ayat 40, berikut doa lainnya yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS kepada Allah agar anak-anaknya tetap sholeh.

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku." (QS Ibrahim ayat 40).

Doa Nabi Zakariya AS

Selain Nabi Ibrahim AS, Nabi Zakariya AS juga berdoa kepada Allah SWT untuk diberikan anak yang baik dan sholeh. Doanya juga disebutkan dalam Al-Qur'an Surat Ali Imron ayat 38, yang berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: "Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (QS. Ali Imron: 38)

Doa tersebut pun dikabulkan oleh Allah SWT, di mana Nabi Zakariya AS mendapatkan seorang anak yang melanjutkan kenabiannya, yakni Nabi Yahya AS.

Doa dalam Surat Al Furqon

Selain kedua doa tersebut, ada doa yang sering dilantunkan untuk mendapatkan anak sholeh, yakni doa dalam Surat Al Furqon ayat 74, yang berbunyi:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: "Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada istri kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS Al Furqon: 74).

Doa Nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim bahwa Rasulullah SAW pernah berdoa untuk anak Ummu Sulaim, yakni Anas bin Malik radhiyallahu 'anhuma, yakni:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

Artinya: "Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang Engkau karuniakan kepadanya." (HR Bukhari dan Muslim)

Nah Bunda, semoga informasi ini membantu ya. Bunda dan Ayah dikaruniai anak-anak yang sholeh. Aamiin.

Bikin terenyuh, simak juga doa Joanna Alexandra atas kelahiran anaknya dalam video berikut yuk, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi