sign up SIGN UP search


parenting

Mengenalkan 10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya pada Anak-anak

Melly Febrida Kamis, 15 Oct 2020 14:16 WIB
ilustrasi malaikat Tugas 10 malaikat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

Bunda, pernahkah mendapat pertanyaan tentang malaikat dari si kecil? Sebagian anak-anak yang penasaran mengenai keberadaan malaikat dan jumlah keseluruhannya.

Bunda bisa memulainya dengan menceritakan kalau jumlah malaikat yang wajib diketahui itu ada 10 lho. Siapa saja dan apa masing-masing tugas malaikat?

Anak-anak yang masih kecil mungkin belum hafal, tapi dengan memperdengarkan berkali-kali sejak dini, anak-anak akan belajar meyakini dan mengimani keberadaan malaikat yang abstrak.


Umat Muslim wajib mempercayai keberadaan malaikat. Dan percaya kepada malaikat termasuk rukun iman kedua. Dalam buku Cara Tepat Mendapat Pertolongan Allah, H. Supriyanto. LC., M.S.I menulis, berbeda dengan manusia, makhluk yang diberi bekal akal, hati, dan nafsu, malaikat diyakini sebagai makhluk suci yang taat kepada Allah.

Sementara itu, dikutip dari My First Quran Storybook, sang penulis Saniyasnain Khan, mengatakan bahwa Allah menciptakan para malaikat itu dari cahaya atau nur, dan malaikat merupakan makhluk yang taat dan beribadah kepada Allah SWT. Malaikat juga memastikan bahwa semua perintah Allah ditaati di setiap sudut dunia.

Malaikat memberi tahu angin kapan harus bertiup.  Mereka memberi tahu awan ke mana harus pergi.  Mereka memberi tahu hujan di mana harus hujan.  Dan mereka merekam semua yang terjadi di dunia.

“Demi (para malaikat) yang diutus untuk membawa kebaikan dan (para malaikat) yang terbang dengan kencangnya dan (para malaikat) yang menyebarkan (rahmat Allah) seluas-luasnya, dan (para malaikat) yang membedakan (antara yang baik dan yang buruk) sejelas-jelasnya, dan (para malaikat) yang menyampaikan wahyu untuk menolak alasan-alasan atau memberi peringatan. Sungguh, apa yang dijanjikan kepadamu pasti terjadi (QS. Al Mursalat: 1-7).”

Sedangkan untuk jumlah malaikat seluruhnya, dalam Alquran juga tidak tercantum pastinya, Bunda. Hanya Allah yang mengetahui jumlah malaikat seluruhnya.

“Dan yang kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat, dan Kami menengukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-prang mukmin tidak ragu-ragu, dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri (QS. Al Mudassir: 31).

Namun, Bunda tetap bisa menceritakan pada anak mengenai keberadaan 10 malaikat, beserta tugasnya yang wajib kita percayai. Berikut ulasannya:

1. Malaikat Jibril

Tugas malaikat Jibril yakni menyampaikan wahyu. Dan mengajarkannya kepada nabi dan rasul. Malaikat Jibril yang menyampaikan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW.

"Katakan lah, barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya [Alquran] ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa [kitab-kitab] yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. “ (QS. Al-Baqarah: 97).

Nabi Muhammad jug pernah melihat rupa asli Jibril. Hal itu tercantum dalam QS. An-Najm ayat 13-17 yang berarti sebagai berikut: 

“Dan sungguh, dia (Muhammad) telah melihatnya (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratulmuntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratulmuntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya, penglihatannya (Muhammad) tidak menyimpang dari yang dilihatnya dan tidak pula melampauinya.” (QS. An-Najm: 13-17) 

2. Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail itu bertanggung jawab mengirimkan rezeki dari Allah SWT kepada manusia. Malaikat Mikail juga mengatur rezeki kepada makhluk-makhluk Allah lainnya di muka bumi seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Malaikat Mikail juga mengatur air serta menurunkan hujan dan petir ke muka bumi. "Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir. “ (QS. Al-Baqarah: 98). 

3. Malaikat Israfil 

Malaikat Israfil merupakan malaikat pertama yang diciptakan Allah SWT. Tugas malaikat Israfil yakni meniup sangkakala pada hari kiamat. Tiupan sangkakala yang pertama merupakan tiupan penanda datangnya hari kiamat dan tiupan yang kedua merupakan tiupan hari berbangkit.

"Dan ditiup lah sangkakala, maka mati lah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu [putusannya masing-masing]," QS. Az-Zumar: 68).

4. Malaikat Izrail 

Terkadang anak-anak tertukar dengan Malaikat Izrail yang sekilas mirip dengan Israil. Untuk tugas Malaikat Izrail yakni mencabut nyawa. Dan lebih dikenal dengan sebutan malaikat maut.

Malaikat Izrail akan mencabut nyawa orang yang beriman dengan lembut. Sedangkan orang kafir akan dicabut dengan penuh kesulitan dan rasa sakit. 

5. Malaikat Munkar 

Tugas Malaikat Munkar menanyai ruh atau orang yang telah meninggal dunia di alam kubur. Munkar dan Nakir akan menanyakan, 'Siapa Tuhanmu? Apa Agamamu? Siapa Nabimu?'

6. Malaikat Nakir 

Tugas Malaikat Nakir sama dengan Malaikat Munkar, yakni bertanya di alam kubur.

7. Malaikat Raqib 

Tugas Malaikat Raqib yakni mencatat amal baik manusia. Manusia yang memiliki banyak amal kebaikan dibandingkan amal buruk akan mendapatkan hadiah berupa surga di hari pembalasan kelak.

8. Malaikat Atid 

Tugas Malaikat Atid mencatat amal buruk manusia. Manusia yang amal keburukannya lebih berat akan dihukum di neraka. 

9. Malaikat Malik 

Malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka. Malaikat Malik disebut memiliki wujud yang menyeramkan, bahkan api neraka pun takut kepadanya.

10. Malaikat Ridwan 

Tugas Malaikat Ridwan yakni menjaga pintu surga. Malaikat Ridwan akan menyambut orang beriman masuk ke syurga. 

Nah, semoga penjelasan mengenai tugas 10 malaikat di atas mudah dipahami anak-anak ya, Bunda.

Tips mengajari anak salat jadi lebih mudah, bisa Bunda simak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi