sign up SIGN UP search


parenting

Nama Malaikat yang Bertugas Menyampaikan Wahyu, Pelajari Bareng Si Kecil Yuk

Kinan   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 19:35 WIB
Muslim family worship during ramadhan Ilustrasi menceritakan pada Si Kecil tentang Malaikat yang Bertugas Menyampaikan Wahyu. Foto: Getty Images/ibnjaafar
Jakarta -

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Namun selain itu, ia juga memiliki beberapa tugas penting lainnya. Yuk pelajari lagi bareng Si Kecil, Bunda.

Dikutip dari buku Mengakrabkan Anak pada Ibadah oleh Ummi Aghla, malaikat adalah makhluk gaib tak kasat mata yang menjalankan tugasnya selaras dengan perintah Allah SWT.

Jumlah malaikat sangat banyak, tetapi ada 10 malaikat di antaranya yang wajib diketahui umat muslim. Salah satunya Jibril.


Malaikat Jibril memiliki nama panggilan lain di antaranya Ar Ruh, Al Amin, dan Ruh Al Qudus. Salah satu tugasnya adalah menyampaikan wahyu kepada Rasul.

Firman Allah yang menyebutkan tentang tugas Malaikat Jibril termaktub dalam surat Asy Syuara ayat 193:

نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُ ۙ

Artinya:
"Yang dibawa turun oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril)."

Kemudian, keberadaannya juga dijelaskan dalam surat An Nahl ayat 102 yang berbunyi:

قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ

Artinya:
"Katakanlah, "Roh Kudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah)."

Tidak hanya sebagai perantara wahyu kepada Rasul, Malaikat Jibril juga mengajarkan agama melalui Nabi Muhammad SAW kepada sahabat-sahabat Rasul.

Mengenal lebih jauh tentang Malaikat Jibril

Di buku Cara Tepat Mendapat Pertolongan Allah: Berkah Iman kepada Allah oleh H. Supriyanto, LC, MSI, disebutkan dalam surat Fathir ayat 1 bahwa Allah menjadikan malaikat sebagai makhluk bersayap.

Ada di antara mereka yang bersayap dua, tiga, empat, dan bahkan lebih. Hal ini menunjukkan perbedaan kemampuan malaikat, baik dalam bekerja maupun berpindah tempat.

Bukti lain bahwa malaikat memiliki sayap, termasuk Malaikat Jibril, terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim.

"Ibnu Mas'ud mengatakan bahwa Rasulullah SAW melihat Malaikat Jibril, ia memiliki 600 sayap."

Malaikat juga diketahui tinggal di langit, mulai dari langit kesatu hingga ketujuh. Para malaikat ini tidak turun dari sana kecuali atas perintah Allah.

Lalu apa saja tugas lain Malaikat Jibril selain sebagai malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu yakni Malaikat Jibril tinggal? Simak di halaman selanjutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video cerita Titi Kamal tentang kedua anaknya berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TUGAS PENTING LAIN MALAIKAT JIBRIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!