sign up SIGN UP search


moms-life

Sebelum Bertemu Keluarga, Yuk Jaga Jarak & Mandi Dahulu Usai Pulang Kerja

Asri Ediyati Rabu, 21 Oct 2020 15:37 WIB
Young woman with protective mask and gloves driving a car. Infection prevention and control of epidemic. World pandemic. Stay safe. caption
Jakarta -

Seperti yang Bunda ketahui, virus dan kuman bisa menempel di mana saja, termasuk di permukaan baju. Belum lagi, ditambah fakta bahwa virus COVID-19 ini menular lewat udara.

Meski sudah jaga jarak, rasanya belum yakin kalau kita 100 persen bersih dari paparan virus. Nah, untuk meminimalkan risiko penularan, terutama Bunda yang bekerja di luar rumah, kita perlu melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Dr. dr. Agus Dwi Susanto SpP(K) mengimbau untuk tetap menggunakan masker walaupun di kantor.


"Karena kita tidak tahu riwayat teman-teman di kantor, apakah dia sakit atau dia punya kontak erat dengan pasien COVID-19," ujarnya saat mengisi dialog bersama BNPB beberapa waktu lalu.

Gawatnya, jika ada risiko tertular, kita bisa saja membawa virus itu ke rumah. Oleh karena itu, ketika sampai di rumah maka kita juga betul-betul memastikan bahwa apa yang kita lakukan di luar rumah tetap steril atau bersih.

Sebelum masuk, semua alat-alat dibersihkan. Kemudian, kita harus selalu ganti baju, dan mandi. "Baru setelah bersih, kita bisa bertemu dengan keluarga. Nah, itu pun kita harus tetap waspada, terutama pada kelompok-kelompok yang rentan," ujarnya.

Sementara, jika ada kelompok rentan di keluarga kita misalnya orang tua, kemudian anak-anak, atau orang yang memiliki penyakit dasar yaitu penyakit paru, penyakit jantung rentan untuk terinfeksi.

Apabila kita, memang orang yang beraktivitas di luar rumah, selama berkontak dengan keluarga yang rentan, maka sebaiknya di dalam rumah tetap menggunakan masker dan tetap jaga jarak.

Jangan lupa juga selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Simak juga cara pencegahan COVID-19 apabila berada di tempat umum:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi