sign up SIGN UP search


parenting

Penting Bun, Hindari 3 Kondisi Tempat Ini Saat Ajak Anak Liburan

  |   Haibunda Senin, 26 Oct 2020 19:06 WIB
Front view of small girl with family on trip outdoors in nature, wearing face masks. caption
Jakarta -

Libur panjang sebentar lagi tiba, apakah Bunda sudah punya rencana untuk mengajak si kecil liburan ke mana? Jika sudah, bersiap-siaplah menyambut liburan namun jangan lupa pastikan si kecil bebas dari risiko penularan COVID-19.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah mengenai kondisi-kondisi tempat yang berpotensi tinggi menjadi lokasi penularan COVID-19. Risikonya akan semakin besar lho kalau nekat tidak #pakaimasker.

Kondisi tempat seperti apa yang harus Bunda hindari? Simak ulasan berikut seperti dilansir dari situs covid19.go.id.


1. Tempat ramai

Tempat ramai dan lokasi yang penuh sesak dengan orang berpotensi menjadi lokasi penularan COVID-19. Ketika di tempat wisata, sebaiknya Bunda tetap hindari keramaian dan tetap #jagajarak.

2. Tempat sempit

Tempat sempit juga memiliki potensi tinggi sebagai lokasi penyebaran COVID-19, apalagi jika sedang banyak orang yang berbincang satu sama lain. Ingat juga jika COVID-19 bisa menyebar melalui droplet dari mulut seseorang.

3. Tempat tertutup

Terakhir adalah tempat tertutup, seperti di ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang buruk. Bunda juga sebaiknya menghindari area-area seperti ini ketika mengajak si kecil liburan ke luar rumah.

Tingkat risiko bahkan akan menjadi lebih tinggi apabila sebuah tempat memiliki kombinasi dari tiga kondisi tersebut. Maka dari itu, Bunda harus selalu mempertimbangkan ke mana akan pergi.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro juga mengingatkan jika berlibur itu baik untuk kesehatan psikologis, namun jangan sampai mengurangi tanggung jawab untuk melindungi diri dan orang lain dari risiko penyebaran COVID-19.

"Sikap bertanggung jawab juga baik untuk kesehatan mental, melindungi diri artinya melindungi orang lain juga dan pada akhirnya melindungi Indonesia," ujar dr Reisa mengutip situs covid19.go.id, Senin (26/10/2020).

Jadi tetap waspadai tempat-tempat dengan kondisi seperti itu dan jangan lupa selalu jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan sebagai langkah memutus rantai penyebaran COVID-19 seperti pada kampanye #IngatPesanIbu oleh Satgas COVID-19.

[Gambas:Video Haibunda]



(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!