sign up SIGN UP search


parenting

Si Kecil Terinfeksi COVID-19? Jangan Panik Bun! Begini Cara Mengatasinya

Sabtu, 21 Nov 2020 21:03 WIB
Ilustrasi anak sakit Anak sakit/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Virus COVID-19 memang bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak sekali pun. Oleh karena itu, Bunda perlu ekstra hati-hati menjaga kesehatan si kecil.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics, para peneliti menyebut anak dapat membawa virus COVID-19 dalam hitungan minggu, meskipun tanpa gejala

"Dalam rangkaian studi kasus ini, infeksi yang tidak terlihat pada anak-anak mungkin telah dikaitkan dengan penularan COVID-19 secara diam-diam di tengah masyarakat," tulis para peneliti.


Mengutip CNN, Dalam studi tersebut juga ditemukan materi genetik virus COVID-19 terdeteksi pada anak-anak selama rata-rata 17,6 hari secara keseluruhan. Sementara itu, pada anak-anak yang tidak memiliki gejala, virus Corona tersebut rata-rata terdeteksi selama 14 hari.

Saat si kecil terinfeksi COVID-19, ada beberapa hal penting yang perlu Bunda perhatikan, salah satunya dengan melakukan isolasi mandiri.

"Untuk beberapa kasus yang ringan dan tanpa gejala memang bisa dilakukan isolasi mandiri dan pengobatannya hanya suportif pada anak-anak. Jadi tidak hampir berbeda dengan orang dewasa," ujar Dokter Spesialis Anak RSUD Jati Padang, dr. Charles.

Jika kondisi si kecil cukup parah dan memerlukan isolasi mandiri di rumah sakit, ada baiknya si kecil didampingi orang dewasa. Selama mendampingi, dr. Charles menegaskan baik pendamping dan si kecil perlu disiplin protokol kesehatan guna menekan risiko penularan COVID-19.

"Anak-anak kan tidak seperti orang dewasa. Jadi dia perlu didampingi, apakah didampingi oleh keluarga terdekatnya yang negatif (COVID-19) atau yang positif juga itu kan jadi kesulitan juga," ujarnya.

Oleh karena itu, yuk #IngatPesanIbu dengan disiplin 3M dengan cara #memakaimasker, #mencucitangan, dan #menjagajarak untuk menghindari infeksi virus dan penyakit.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Bunda bisa simak pesan penyitas COVID-19 dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi