sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Mengasah Kreativitas Anak, Bunda Perlu Tahu

Annisa Afani Kamis, 31 Dec 2020 20:37 WIB
Ilustrasi ibu bermain bersama anak caption
Jakarta -

Kreativitas pasti dimiliki setiap orang lho, Bunda. Sebab, hal tersebut sudah ada secara alami dan dapat dilatih sesuai bakat dan minat anak agar semakin lebih baik.

"Dalam melatih kreativitas maka latihlah sesuai dengan bakat dan minat. Seperti pepatah, asah pisau di sisi yang tajam jangan di sisi yang tumpul," kata Elizabeth Santosa, Psikolog Anak dan Pendidikan, dikutip dari covid19.go.id.

Elizabeth mengatakan bahwa kreativitas ini tak hanya berkaitan dengan sesuatu yang menghasilkan karya, Bunda. Namun juga memiliki hubungan dengan solusi atau mencari jalan keluar.


"Jadi kalau saya bisa katakan, kreatif itu hubungannya dengan solusi, mencari jalan keluar, decision making. Bukan selalu tentang menghasilkan prakarya saja," ujarnya.

Selain itu, kebanyakan orang cenderung berpikir dengan cara divergen dan konvergen. Ditambah dengan kreativitas yang terasah, maka seseorang akan memiliki banyak alternatif saat akan mengambil keputusan.

"Kalau tidak bisa lewat cara A maka bisa lewat cara B atau C. Kemudian critical thinking itu sifatnya konvergen yang arahnya mengerucut," ujarnya.

Kreativitas dijelaskan dapat muncul saat seseorang dalam kondisi atau masa sulit. Jika dikaitkan dengan situasi sekarang, dapat terlihat bahwa orang-orang mulai mengambil berbagai langkah untuk bertahan di masa pandemi COVID-19.

Perlu untuk diketahui, kreativitas ini akan lebih baik jika diasah pada si kecil sejak dini lho, Bunda. Menurut pakar perkembangan anak, usia 5-6 tahun menjadi masa emas untuk membangun hal tersebut.

Sebagai orang tua, ada banyak yang dapat dilakukan, salah satunya dengan menciptakan lingkungan rumah yang mendukung. Hal tersebut pun diperkuat oleh pendapat Dr Reni Akbar Hawadi dalam bukunya Psikologi Perkembangan Anak, Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak.

Bunda mau tahu tips lain untuk bantu tingkatkan kreativitas anak? Klik BACA HALAMAN SELANJUTNYA, ya!

Simak juga yuk Bunda soal penjelasan tentang mutasi virus corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi





(som/som)
Tips tingkatkan kreativitas anak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi