sign up SIGN UP search


parenting

Cari Gendongan Bayi Bun? ini 5 Pilihan Model yang Nyaman dan Praktis

Haikal Luthfi Kamis, 07 Jan 2021 07:16 WIB
Photo of young woman and her toddler child, went to the top of the mountain by hiking in the nature. The boy is in a baby carrier, held by his mother. caption
Jakarta -

Bunda, menggendong merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan oleh kebanyakan orang tua untuk mengungkapkan rasa sayang kepada bayi mereka. Selain itu, aktivitas ini dapat membantu memperkuat ikatan dan koneksi antar keduannya.

Menurut Dr. Barbara Howard, seorang asisten profesor pediatri di Johns Hopkins University, kedekatan saat menggendong dapat mendorong lebih banyak interaksi dan ikatan antara orang tua dan si kecil agar lebih mudah untuk saling mengenal.

"Bayi suka digendong sepanjang waktu, terutama sebelum mereka bisa berjalan sendiri," kata Howard dilansir dari laman WebMD.


Lebih lanjut, bayi juga akan belajar lebih banyak hal saat digendong dibanding kalau mereka hanya ditempatkan di tempat bermain. Dengan menggendong dapat memberikan dampak secara emosional.

"Mereka dapat melihat sekeliling, mereka dapat melihat apa yang dilakukan orang tua, yang menurut mereka sangat menarik, dan itu bagus untuk perkembangan mental."

Kegiatan menggendong biasanya dilakukan disaat bayi membutuhkan dekapan dari orang tuanya, baik saat menangis maupun menjelang tidur. Namun, ada kalanya ketika Bunda sedang berpergian, dibutuhkan sebuah alat untuk menggendong mereka.

Membawa si kecil ke mana-mana memang sangat menyenangkan, namun tanpa alat bantu, tangan akan menjadi pegal. Oleh sebab itu, demi memudahkan mobilisasi Bunda, maka diperlukan suatu alat yang biasa disebut dengan gendongan bayi.

Gendongan bayi merupakan alat bantu untuk mengurangi beban menggunakan tangan dalam menggendong. Biasanya saat berpergian, orang yang memiliki bayi membawa banyak barang perlengkapan bayi, salah satunya gendongan bayi ini, Bunda.

Tips memilih gendongan bayi

Jika Bunda tertarik untuk mencoba pakai alat gendong bayi, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal saat memilih gendongan bayi. Mengutip Business Insider, ini mencakup seperti:

  • Usia dan ukuran bayi. Beberapa gendongan ideal untuk bayi baru lahir, sementara yang lain bahkan tidak dapat digunakan dengan aman oleh bayi minimal 6 bulan.
  • Pertimbangkan gendongan yang akan memberikan mutu penggunaan jangka panjang, namun tetap menyesuaikan dengan ukuran bayi saat ini.
  • Pikirkan tentang jenis aktivitas yang sering dilakukan.

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu model gendongan yang tersedia sebelum memutuskan mana yang cocok dan membuat si kecil nyaman, Bunda. Mengutip Healthline, terdapat beberapa model gendongan yang bisa dijadikan referensi untuk dipilih, antara lain:Model gendongan bayi

1. Soft wrap

Berbentuk kain panjang dan biasanya terbuat dari campuran katun dan lycra atau spandex. Model ini dikenal juga dengan sebutan "stretchy wrap".

Penggunaanya dengan cara membungkus sekujur tubuh, kemudian menempatkan bayi di dalamnya. Jenis gendongan ini lebih cocok untuk bayi yang lebih kecil.

2. Woven wrap

Model gendongan ini menggunakan kain yang panjang dan halus sehingga bayi mudah dan leluasa bergerak. Kain dibagi menjadi empat bagian, dua bagian diikat di leher dan dua bagian lagi diikat di pinggang.

Perbedaan antara model soft wrap dan woven wrap adalah kain pada woven wrap lebih kaku dan lebih terstruktur. Sehingga memungkinkan Bunda untuk membawa bayi atau balita yang lebih besar dengan nyaman.

3. Ring sling

Model gendongan ini hanya memakai jarik biasa dan ditambahkan cincin atau sling sebagai penguncinya. Kain lebih mudah untuk ditarik melalui cincin dan tetap di tempat yang lebih baik setelah disesuaikan.

Model ini dikenakan di satu bahu dan terbuat dari kain tenun yang kokoh. Cincin sangat portabel dan mudah digunakan. Namun, Bunda mungkin merasa tekanan pada satu bahu yang membuat tidak nyaman, terutama jika memiliki bayi yang lebih berat atau menggunakan gendongan untuk waktu yang lama.

4. Meh dai

Gendongan bayi meh dai berasal dari Asia. Terbuat dari panel kain dengan dua tali untuk melingkari pinggang dan dua lagi untuk melingkari bahu. Tali ini seringkali lebar dan empuk untuk kenyamanan.

Meh dai bisa dikenakan di bagian depan, pinggul, atau belakang. Cocok untuk bayi baru lahir hingga balita.

5. Soft structured carrier

Gendongan yang mudah digunakan dengan menggabungkan tali pengikat, gesper, dan bantalan agar ukurannya dapat disesuaikan untuk bayi berbagai usia. Bahkan jenis ini dapat mengakomodasi ketinggian dan berat yang berbeda.

Model soft structured carrier dapat dikenakan di bagian depan tubuh dan beberapa bagian lain seperti pinggul dan punggung juga.

Semoga informasi tentang gendongan bayi di atas membantu ya, Bunda.

Banner Hijaber TurkiBanner Hijaber Turki/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Simak juga Bunda, cara membuat simpul gendongan dengan kain jarik pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi