sign up SIGN UP search


parenting

15 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Siapkan

Annisa Afani Selasa, 11 Aug 2020 07:07 WIB
Pregnant woman is packing baby clothes for going to maternity hospital top view caption
Jakarta -

Sebelum menyambut kelahiran, Bunda perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan buah hati. Ada beberapa perlengkapan yang wajib disiapkan untuk menyambut bayi.

Meski terkesan sangat banyak, Bunda harus memilih mana saja perlengkapan utama yang dibutuhkan. Beberapa orang tua menginginkan semua produk keren yang bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman.

Sebenarnya tak perlu keren atau mahal, asal perlengkapan tersebut memang dibutuhkan dan terbaik untuk anak, terutama untuk perlengkapan dasar seperti popok. "Setiap keluarga harus memutuskan mana yang terbaik untuk mereka (bayi dan orang tua)," kata pendiri Austin Baby Guru, Allison Collemon, dikutip dari WebMD.


Perlengkapan bayi baru lahir

Sayangnya kadang ada sebagian ibu yang bingung untuk mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir, terutama ibu baru. Nah dikutip dari Baby Center dan Money Crasher, berikut ini 15 perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan Bunda dan Ayah:

1. Pakaian

Pakaian bayi biasanya diukur berdasarkan usia, namun karena merek memiliki ukuran yang berbeda-beda, maka tips yang bisa Bunda pakai ialah menentukan ukuran si kecil berdasarkan berat dan tingginya. Secara umum, pikirkan kenyamanan dan kemudahan saat mengenakannya pada anak ya, Bunda. Carilah pakaian yang lembut, longgar, bahannya baik dan tahan lama.

Selain itu, hindari pakaian yang memiliki tali, dan pita yang menjuntai karena akan berbahaya bagi bayi. Saat mencuci pakaian bayi, gunakan deterjen lembut yang ramah bayi untuk mencegah iritasi kulitnya.

2. Popok

Bayi mungkin akan menggunakan 10-12 popok sehari, sehingga penting bagi Bunda untuk merencanakannya dengan tepat. Sebagai langkah awal, Bunda bisa memulai dengan membeli kemasan kecil dari beberapa jenis yang berbeda, ini berguna untuk mengetahui popok jenis mana yang cocok atau mengiritasi kulit bayi dan tidak pas.

3. Gendongan bayi

Bayi merasa lebih nyaman saat berada dalam gendongan. Oleh sebab itu, selain membuatnya nyaman, memiliki gendongan bayi juga bisa menjadi solusi agar Bunda bisa menggendongnya sambil menyelesaikan beberapa tugas.

Saat menggunakan alat gendong ini, pastikan semua tali strap gendongan bayi bekerja dengan baik sehingga membuat bayi tetap aman. Jika Bunda menemukan gendongan yang dapat dicuci, itu lebih baik.

4. Stroller

Selain alat gendong, Bunda akan memerlukan stroller sebagai alat yang efisien untuk membawa bayi bepergian. Stroller juga akan membuat bayi lebih nyaman, Bunda. Saat lelah dalam perjalanan, dia dapat tidur dengan posisi yang nyaman dengan berbaring

5. Tas perlengkapan bayi

Saat berpergian, Bunda pasti akan menyiapkan beberapa barang yang pastinya akan dibutuhkan oleh si kecil, baik itu baju ganti, popok, susu, mainan, selimut, dan lainnya. Semua barang yang tidak sedikit ini membutuhkan tas saat akan melakukan beberapa perjalanan.

6. Tempat tidur

Bunda akan melihat banyak set tempat tidur mewah di toko perlengkapan bayi, tetapi yang dibutuhkan hanyalah tiga hingga lima lembar bantalan atau alas yang pas sebagai tempat tidur bayi, dan beberapa bantal bayi yang bisa dicuci.

7. Bantal menyusui

Bantal menyusui ini dirancang khusus untuk menopang bayi saat menyusui atau menyusu. Selain bisa memberikan bayi rasa nyaman, bantal menyusui ini juga dapat membantu Bunda menghindari ketegangan pada bahu atau leher.

Bantal menyusuiBantal menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RimDream

8. Botol susu

Mengenai jenis botol susu formula yang bayi digunakan, biasanya orang tua lebih memilih botol yang terbuat kaca atau stainless steel untuk menghindari kemungkinan bahan kimia dari botol plastik. Selain bahan kaca, Bunda juga bisa memilih botol susu berbahan tritan.

Tritan merupakan bahan gabungan transparansi kaca dan elastisitas plastik. Botol dengan bahan ini lebih populer karena bobotnya ringan, tidak mudah retak, dan terkesan lebih bersih. Selain itu, materialnya juga tahan terhadap panas dan dapat didesinfeksi dengan berbagai cara dan alat cuci selain menggunakan microwave.

9. Pompa ASI

Pompa air susu ibu (ASI) sangat penting jika tubuh Bunda memproduksi ASI dalam jumlah banyak hingga berlebih. Bunda dapat membeli pompa listrik yang, tetapi juga bisa pompa manual sederhana yang mudah dibawa. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Bunda, ya.

10. Perlengkapan mandi bayi

Beberapa perlengkapan bayi yang perlu dimiliki, di antaranya:

  •  Bak mandi bayi

Pilih bak mandi yang tidak terlalu dalam. Selain memudahkan, juga membuat bayi menjadi lebih aman.

  • Sabun dan sampo

Pilihlah sabun dan sampo yang diformulasikan khusus untuk bayi dan tidak mengandung pewangi, sehingga tidak mengiritasi kulit dan aman bagi mata bayi

  • Handuk mandi bayi

Handuk mandi biasa seringkali terlalu besar untuk digunakan pada bayi. Untuk itu, Bunda perlu membeli handuk dengan bahan lembut sehingga cocok untuk membungkus dan mengeringkan tubuh bayi setelah mandi.

  • Washlap

Bunda selalu dapat menemukan kegunaan washlap bayi. Salah satunya, untuk memegang si kecil di bagian punggungnya agar tidak tergelincir saat dimandikan. Selain itu, washlap juga bisa bunda pakai untuk mengganti popoknya, lho.

11. Selimut dan seprei

Siapkan selimut bayi dengan bahan katun yang akan membuat bayi merasa nyaman. Begitu juga dengan seprei dengan bahan yang lembut untuk mengalasi tempat tidur bayi.

12. Perlengkapan kesehatan

Beberapa alat kesehatan bayi yang perlu disiapkan, di antaranya kotak P3K yang diisi dengan lengkap, bulb syringe yakni larutan garam untuk membersihkan hidung bayi yang tersumbat, dan humidifier untuk membantu meredakan hidung tersumbat, dan membuat udara yang dihirup bayi lebih baik. Selain itu, termometer digital, krim antibakteri hingga gunting kuku bayi.

13. Perlak

Perlak digunakan sebagai alas tidur bayi untuk membantu menjaga kebersihan tempat tidur supaya tidak kotor ketika si kecil buang air. Perlak juga bisa digunakan saat bayi mengganti popok atau pakaian.

14. Tisu basah

Saat mengganti popok, Bunda memerlukan tisu basah untuk bayi yang lembut dan tidak mengandung pewangi supaya tidak mengiritasi kulitnya. Tisu basah ini juga mudah untuk di bawa saat Bunda berpergian dengan buah hati.

15. Sarung tangan dan kaus kaki

Bayi membutuhkan sarung tangan dan kaus kaki ketika di ajak keluar rumah supaya tetap hangat. Selain itu, juga melindungi bayi ketika kukunya panjang supaya tidak mencakar kulitnya. Tapi jangan sering menggunakan sarung tangan karena bisa membatasi stimulasi sensoriknya.

Perlengkapan ibu melahirkan

Selain perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan, Bunda juga harus mempersiapkan perlengkapan untuk diri sendiri menghadapi persalinan. Rumah sakit biasanya memberikan pakaian rumah sakit, sandal, pakaian dalam sekali pakai dan perlengkapan mandi dasar.

Meski begitu, Bunda juga harus mempersiapkan perlengkapan untuk diri sendiri. Dikutip dari MedlinePlus, perlengkapan ibu melahirkan yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari, seperti:

1. Pembalut

Setelah persalinan, Bunda membutuhkan pembalut dengan daya tampung yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk menyerap darah nifas. Jika darah nifas tinggal sedikit, Bunda bisa menggunakan panty liner.

2. Bra menyusui

Bra menyusui atau bra pendukung dibutuhkan untuk kenyamanan Bunda dan bayi ketika menyusui. Pilih bra menyusui dengan bahan katun dan tanpa kawat.

3. Bantalan payudara

Bantalan payudara dibutuhkan ibu menyusui untuk penyerap ASI yang berlebih. Sering-sering mengganti bantalan ASI ya Bun.

4. Krim puting

Oleskan krim pelembap untuk puting selesai menyusui. Krim ini bisa mencegah puting mengering dan pecah-pecah serta mengurangi rasa nyeri.

5. Pakaian menyusui

Pakaian yang nyaman, longgar dan bahannya adem sangat dibutuhkan oleh Bunda usai melahirkan dan saat menyusui. Supaya memudahkan menyusui, pilih pakaian khusus untuk menyusui, yang biasanya memiliki kancing yang bisa dibuka di bagian depan.

Bunda, simak juga cara memandikan bayi yang benar seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi