sign up SIGN UP search


parenting

Tambah Gula-Garam ke MPASI Boleh Nggak Sih? Simak Penjelasan Ahli

Jumat, 05 Feb 2021 22:11 WIB
Cerelac caption
Jakarta -

Pemberian perasa seperti gula dan garam dalam makanan pendamping ASI (MPASI) sering diperdebatkan. Banyak yang tidak memakainya dengan alasan agar si kecil tidak jadi picky eater atau memilih-milih makanan.

Tapi, ada juga yang mencampurkannya dalam menu MPASI untuk menambah cita rasa dari makanan, seperti yang dilakukan Zaskia Adya Mecca dan Syahnaz Sadiqah.

Namun, sebenarnya boleh nggak sih menambahkan perasa ke dalam MPASI bayi sehari-hari? Apakah dampak yang bisa ditimbulkan?


Terkait hal ini, dr. Margareta Komalasari Sp.A menjelaskan bahwa makanan bayi tidak perlu hambar, namun bisa diberikan perasa tambahan dari garam maupun gula. Dengan catatan tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan yang disarankan, yakni sejumput untuk garam.

"Boleh dong, itu udah rekomendasi dari WHO bahwa makanan itu biar enak bisa dikasihdaun bawang, daun sop, kemudian gula dan garam tapi sedikit, jangan berlebihan jumlahnya," ujar dr. Margareta saat menjadi pembicara dalam acaraCERELACMPASI Festival yang digelar secara online pada Jumat (29/1/2021)

Sebab, menurutnya selain bergizi seimbang, makanan bayi harus memiliki rasa yang lezat.

"(Makanan) harus mengandung nutrisi yang adekuat tapi sekaligus rasanya juga harus enak," jelasnya.

dr. Margareta juga memaparkan bayi sebetulnya sudah bisa mengenali ragam cita rasa dari makanan, bahkan sejak dalam kandungan. Jadi, orang tua nggak perlu ragu untuk mengenalkan macam-macam rasa kepada buah hati sejak dini, mulai dari yang manis sampai asin.

CerelacCerelac/ Foto: Cerelac

"Karena memang di dalam janin pun usia 12 minggu sudah mengenal rasa dari makanan, rasa manis, rasa asin.Sehingga kalau nanti untuk persiapan MPASI secara teori 6 bulan itu bayi sudah mengenali rasa asin terutama, sehingga sebaiknya di coba.Makanan MPASI itu sebaiknya mengandung nutrisi yang sehat dan seimbang, tetapi juga sekaligus harus lezat dan enak," terangnya.

Ia juga berpesan agar orang tua tidak lupa mencicipi makanan, sebelum diberikan untuk si kecil.

Sebagai informasi, CERELACMPASI Festival diselenggarakan secara daring dan menghadirkan Zaskia Adya Mecca serta Syahnaz Sadiqah sebagai bintang tamu. Pada kesempatan tersebut, Zaskia dan Syahnaz mengupas tuntas informasi seputar MPASI bayi langsung dengan ahlinya, yang dikemas secara fun lewat games bertajuk 'Aku Ngaku'.

Di acara ini diperkenalkanCERELACHomestyle Meals, yang merupakan produk Baru dari NestléCERELACyang dibuat dari bahan pilihan berkualitas layaknya MPASI Homemade. Rasa dariCERELACHomestyle Meals ini gurih nikmat dan bertekstur pas untuk Si Kecil yang sedang belajar mengunyah, sehingga bisa menggugah selera makan nya sebagai langkah awal untuk petualangan kuliner Si Kecil selanjutnya!

#CERELAC

#HomestyleMeals

#SemangkukNutrisiPenuhKebaikan

#TeksturPasLebihGurihNikmat

@cerelacindonesia

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi