parenting

Cara Jitu Zaskia Adya Mecca Atasi Anak Bertengkar

Yuni Ayu Amida Jumat, 13 Sep 2019 13:33 WIB
Cara Jitu Zaskia Adya Mecca Atasi Anak Bertengkar
Jakarta - Memiliki anak-anak yang masih kecil tentu harus banyak bersabar ya, Bun. Apalagi jika si kakak suka berantem dengan adiknya. Seperti yang terjadi pada anak-anak Zaskia Adya Mecca.

Diakui istri Hanung Bramantyo ini, anak-anaknya memang kadang suka bertengkar. Namun, Zaskia punya cara jitu untuk menanganinya.

"Kadang temen lagi ketemuan liat anakku berantem pada bilang "ia, kok didiemin aja sih... udah mulai nangis2an ituu" trus aku lirik dan jawab "plis laah 5menit lagi juga pada baikan.. tunggu aja.." (dan bener aja ga lama da akur, main bareng lagi)," tulis Zaskia di Instagram.


Menurut wanita berhijab ini, jika belum apa-apa sudah langsung terlibat dalam pertengkaran anaknya, yang ada dia bisa stres. Selain itu, dia ingin anaknya belajar untuk bisa mengatasi masalah sendiri.

"Kecuali emang udah mulai genting dimana orang dewasa udah di butuhkan, baru aku ikutan masuk buat mengurai apa masalahnya.. bukan menyelesaikan.. aku pengen mereka ttp belajar menyelesaikan masalahnya masing2...," jelas kakak kandung Haykal Kamil ini.

Bunda 31 tahun ini menambahkan, dia hanya sebatas mendampingi dan menuntun anak-anaknya. Jadi, jangan heran jika anaknya sedang berantem, Zaskia lebih sering hanya memperhatikan saja.

[Gambas:Instagram]



Dijelaskan psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani M.Psi., Psikolog, biasanya anak berantem karena dia mau ngomong, tapi enggak tahu apa yang mau dia bicarakan. Misalnya, ketika dia mau pinjam mainan, karena dia tidak tahu harus berkata bagaimana, jadi akhirnya merebut.

"Nah, daripada merebut kita ajarkan dia bilang 'Aku boleh pinjam balok merahnya'. Ini perlu dilatihkan langsung supaya anak terampil, bisa mengatakan apa yang ada di pikiran dia," kata Nina.

Selain itu, ditambahkan dr.Catharine Mayung Sambo, Sp.A(K), saat anak sedang merajuk sampai menyebabkan dia berantem dengan kakak atau adik, sebenarnya itu salah satu tugas perkembangan yang mesti difasilitasi orang tua. Yakni tentang bagaimana cara anak menenangkan diri.

"Daripada berpikir gimana sih skill gue untuk memenangkan anak, tapi lebih baik membantu anak untuk membuatnya bisa menenangkan diri sendiri," jelas wanita yang kerap disapa Mayung ini kepada HaiBunda.

Simak pula tips atasi rasa cemburu pada anak ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi