sign up SIGN UP search


parenting

Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah Bareng Si Kecil yuk, Bun

Nanie Wardhani Rabu, 21 Apr 2021 16:05 WIB
Bunda bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah, berikut cara dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Eh jangan lupa, ajak Si Kecil berkreasi juga ya. caption

Jakarta - Si Kecil mulai suka bereksperimen di rumah, Bunda? Wah kesempatan yang bagus nih untuk mengajari mereka untuk mencoba hal baru. Salah satunya seperti membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan-bahan yang aman di rumah.

Seperti yang kita tahu ya, semenjak pandemi Covid-19 melanda, tingkat kebutuhan akan hand sanitizer jadi melonjak pesat. Meskipun saat ini sudah beredar berbagai jenis dan merk hand sanitizer di pasaran, tidak ada salahnya juga jika Bunda ingin mencoba membuat sendiri hand sanitizer di rumah.

Ini sekaligus menjawab rasa penasaran anak-anak terhadap pengetahuan baru lho. Mau tahu cara membuatnya? Berikut langkah-langkah selengkapnya, dilansir Healthline, ya Bunda.


Sebelumnya, membuat hand sanitizer sebenarnya sangat mudah Bunda, dan hanya membutuhkan sedikit bahan untuk membuatnya.

Banner HaiBunda Hari Kartini 2021

Bahan membuat hand sanitizer:

  • isopropyl atau alkohol oles (alkohol 99%)
  • Gel lidah buaya
  • Essential oil seperti tea tree oil atau lavender oil, atau bahkan Bunda bisa menggunakan sari lemon asli untuk pengganti essential oil.

Nah, perlu Bunda ingat nih bahwa kunci membuat hand sanitizer yang bisa membasmi kuman dan virus adalah menjaga ketetapan proporsi alkohol dan gel lidah buaya dengan komposisi 2:1. Ini berarti menjaga jumlah alkohol sebanyak 60 persen dari total bahan hand sanitizer, ini adalah jumlah minimal yang dibutuhkan untuk membunuh kuman yang dianjurkan oleh CDC.

Untuk cara membuatnya, Bunda hanya perlu mencampurkan 2 bagian alkohol, 1 bagian gel lidah buaya, dan beberapa tetes essential oil untuk memberikan aroma yang sesuai dengan keinginan Bunda. Selain itu, jika Bunda membuatnya di rumah, maka Bunda perlu mengikuti beberapa anjuran berikut:

  • Buat hand sanitizer di tempat yang bersih.
  • Bersihkan meja atau tempat Bunda akan meraciknya, dengan menyekanya dengan cairan pemutih sebelum Bunda mulai membuat hand sanitizer
  • Cuci kedua tangan dengan bersih dan detil sebelum mulai bekerja
  • Untuk mencampurkan, gunakan sendok dan pengaduk yang bersih.
  • Cuci bersih kedua alat ini sebelum mulai digunakan.
  • Pastikan alkohol yang digunakan bukan alkohol yang telah diencerkan.
  • Campur seluruh bahan secara merata sampai benar-benar tercampur semuanya.
  • Jangan sentuh campuran bahan yang sedang dibuat dengan tangan Bunda sebelum semuanya dikemas dan akan digunakan.

Sangat mudah kan cara membuat hand sanitizer di rumah, Bunda. Lalu apakah membuat hand sanitizer sendiri di rumah dianggap aman dan tanpa resiko? Cek info lengkapnya berikut ini ya Bunda.

Bunda, simak juga video mengenai para penjual yang membagikan hand sanitizer di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

APAKAH MEMBUAT HAND SANITIZER SENDIRI DIANGGAP AMAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi