sign up SIGN UP search


parenting

5 Surat Pendek yang Bisa Diajarkan pada Anak Sebagai Awal Pengenalan Al Quran

Tim HaiBunda Jumat, 02 Jul 2021 11:36 WIB
Ilustrasi anak membaca al quran caption
Jakarta -

Mengenalkan berbagai amalan baik, seperti juga bacaan surat pendek dalam Al Quran, kepada Si Kecil menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan sedini mungkin. Namun, tidak jarang pula bahwa sebagian orang tua masih bingung untuk mengetahui bagaimana sebenarnya cara tepat untuk mengajarkannya. Perlu diketahui juga surat apa saja yang perlu diajarkan saat awal.

Namun, Bunda tidak perlu lagi merasa khawatir karena kali ini Bubun akan memberikan berbagai tips yang dapat berguna untuk mengajarkan anak surat pendek. Dibantu pula dengan panduan waktu kapan tepatnya mengajarkan Si Kecil hal ini.

Waktu dan Tips Cara Tepat untuk Mengajarkan Anak Belajar Surat Pendek

Banner Reaksi Anak UASBanner Reaksi Anak UAS/ Foto: Mia Kurnia Sari


Lakukan kegiatan dengan tenang dan penuh kesabaran. Kebersamaan yang terasa adem ini dapat membantu anak untuk mulai merasa tertarik dan mengenal kitab suci. Dengan demikian, ia tidak lagi merasa 'asing' dengan bahasa dan lantunan yang diperdengarkan.Pada dasarnya, anak dapat diberikan stimulasi agar dapat mengenal dan tertarik menguasai cara baca Al-Qur'an sedini mungkin. Cara ini dapat dilakukan ketika Ayah dan Bunda sedang membaca Al-Qur'an, kemudian Si Kecil diajak untuk melakukannya bersama.


Tidak hanya melakukan aktivitas bersama dalam membaca surat pendek, Bunda juga dapat memberikan pengertian terkait dengan apa sebenarnya tujuan dari adanya Al-Qur'an. Jelaskan juga mengapa penting untuk dibaca serta diamalkan dengan cara yang mudah mereka pahami.

Meskipun Si Kecil tidak dapat langsung menangkap maksud yang diterangkan, setidaknya mereka mengenal dan memahami kegiatan mengaji bersama. Dengan memiliki pemahaman akan kitab suci dan cara membaca sejak usia dini, nantinya dapat membantu mereka untuk memahami agama.

Macam Surat Pendek yang Dapat Diajarkan Pada Anak Sebagai Permulaan

Surat yang dapat dengan mudah dibaca dan dihafalkan oleh anak ketika awal belajar antara lain:

  1. Surat An-Nas
  2. Surat Al-Falaq
  3. Surat Al-Ikhlas
  4. Surat Al-Lahab,
  5. dan juga Al-Kautsar

Kenalkan dulu surat pendek di atas sebelum akhirnya membaca dan mempelajari surat yang lebih panjang lagi. Tapi ingat, Bun mengajarkan surat pendek bukan artinya muda, ya. Karena daya tangkap setiap anak berbeda-beda.

Pastikan bahwa suasana belajar terasa menyenangkan dan tidak mencekam. Semoga tips di atas mengenai cara mengenalkan surat-surat pendek di atas cukup membantu ya, Bun. Selamat mencoba! (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara mudah mengenalkan agama pada anak.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi