sign up SIGN UP search


parenting

Rekomendasi 10 Kumpulan Surat Pendek Al-Qur'an untuk Hafalan Si Kecil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 02 Jan 2022 13:37 WIB
Ilustrasi anak membaca al quran caption
Jakarta -

Mengajari Si Kecil membaca Al-Qur'an harus dimulai dari bacaan surat pendek dulu, Bun. Tujuannya agar anak tidak kesulitan untuk menghafal surat-surat yang ada di dalamnya.

Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek Kepada Anak

Pendidikan agama sangat penting dikenalkan pada anak, khususnya dalam membaca surat pendek di kitab suci Al-Qur'an. Selain itu, ketika mengajarkan anak juga sekaligus meningkatkan kualitas dan ikatan batin antara Si Kecil dan Bunda.

Apalagi di momen pandemi seperti sekarang ini saat semua orang tua harus pandai mengatur waktu anak dan mengisi kegiatannya selama di rumah dengan kegiatan yang positif. Usahakan saat menghafal surat pendek ini dijadwalkan dengan teratur dan dibuat semenarik mungkin ya, Bunda. Dengan begitu Si Kecil juga tidak akan cepat bosan.


Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

Sebenarnya ada banyak sekali kumpulan surat pendek dari Al-Qur'an yang bisa diajarkan kepada anak. Namun, Bubun coba rekomendasikan sepuluh surat dulu ya agar terasa lebih mudah untuk dihafalkan Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi surat pendek yang bisa diajarkan kepada anak:

  1. Surat Al Fatihah
  2. Surat An Nas
  3. Al Falaq
  4. Al Ikhlas
  5. An Nasr
  6. Al Lahab
  7. Al Kautsar
  8. Al Kafirun
  9. Al Ma'un
  10. Al Quraisy

Manfaat Membiasakan Anak Menghapal Surat Al Quran

Perlu diketahui bahwa penghafal Al-Qur'an atau hafidz memberikan banyak sekali manfaat. Begitu pula dengan membiasakan anak untuk menghafal surat-surat pendek yang beberapa manfaat seperti :

  • Di akhirat kelak akan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT.
  • Akan memperoleh syafaat Al-Qur'an yaitu dijauhkan dari siksa api neraka.
  • Sebagai bentuk persiapan atau bekal sebelum membaca Al-Qur'an.
  • Sebagai media untuk melatih anak agar menjadi seorang penghafal Al-Qur'an.

Beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas pastinya sudah cukup menjadi bukti bahwa melatih anak menghafal surat pendek memang wajib dilakukan. Namun ingat, Bunda perlu konsisten dan sabar agar anak bisa menikmati pelajaran yang diberikan serta tidak cepat bosan.

Dengan beberapa penjelasan di atas, maka sudah jelas bahwa mengajarkan anak menghafal surat pendek adalah sangat bermanfaat. Selain bisa mengisi waktu dengan kegiatan yang manfaat, juga bisa mempersiapkan anak sebagai bekal kelak di akhirat nanti. (PK)

Simak juga video berikut mengenai lima tanaman yang dianggap pembawa rezeki dalam Islam.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!