sign up SIGN UP search


parenting

4 Obat Pengencer Dahak dan Tips Meredakan Batuk

Nanie Wardhani Jumat, 16 Jul 2021 11:16 WIB
Mother Giving Medicine to Sick Son Lying Bed. Caring Mom Giving Sick Boy Pills. Worried Mother Giving Glass of Water to Ill Kid. Hospital Concept. Healthy Concept. Parent Concept. caption

Batuk yang disertai dengan dahak kadang jadi sangat mengganggu ya, Bunda. Apalagi kalau terjadi pada Si Kecil, pasti Bunda jadi semakin tidak tega melihat Si Kecil harus mengalami batuk berdahak tersebut. 

Seringkali Bunda tergesa-gesa untuk langsung memberikan obat batuk yang beredar di pasaran, atau bahkan mungkin segera membawa Si Kecil ke dokter agar bisa cepat mendapatkan resep obat untuk segera pulih. Namun sebenarnya ada banyak usaha yang bisa Bunda terapkan di rumah untuk meredakan batuk berdahak secara alamiah tanpa perlu minum obat atau ke dokter lho, Bunda.

Apa saja ya kira-kira obat pengencer dahak alami yang bisa Bunda siapkan saat mengalami batuk berdahak? Yuk simak lengkapnya, dilansir dari Healthline berikut ini.


1. Konsumsi bahan makanan yang menyehatkan saluran pernapasan

Coba konsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemon, jahe, dan bawang putih. Ada beberapa bukti bahwa ini dapat membantu mengobati batuk dan pilek, serta bisa menjadi salah satu pilihan obat pengencer dahak. Makanan pedas yang mengandung capsaicin, seperti cabai rawit atau cabai, juga dapat membantu membersihkan sinus untuk sementara dan membuat lendir mudah dibersihkan.

Ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makanan dan suplemen berikut dapat mencegah atau mengobati penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus:

  • akar licorice
  • ginseng
  • berry
  • Echinacea
  • delima
  • teh jambu biji
  • Oral zinc

Memang masih perlu dilengkapi dengan lebih banyak penelitian, tetapi bagi kebanyakan orang, menambahkan bahan-bahan ini ke dalam makanan Bunda akan aman untuk dicoba. Jika Bunda sedang mengonsumsi obat resep dari dokter, maka tanyakan kepada dokter Bunda sebelum menambahkan bahan baru apa pun ke dalam menu makanan Bunda (karena beberapa bahan dapat memengaruhi kemanjuran dari obat tertentu).

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat menjadi obat pengencer dahak yang menggantung di bagian belakang tenggorokan Bunda. Bahkan dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan juga lho, Bun.

Campurkan secangkir air dengan 1/2 hingga 3/4 sendok teh garam. Air hangat bekerja paling baik karena melarutkan garam lebih cepat. Selain itu juga Bunda bisa menggunakan air yang di-filter atau air kemasan yang tidak mengandung klorin yang mengiritasi. Caranya cukup dengan menyesap sedikit campuran dan miringkan kepala sedikit ke belakang. Biarkan campuran itu masuk ke tenggorokan secara perlahan tanpa meminumnya. Dengan lembut embuskan udara dari paru-paru untuk berkumur selama 30-60 detik, lalu keluarkan airnya. Ulangi sesuai kebutuhan.

3. Gunakan minyak kayu putih

Bunda dapat menghirup uap dengan menggunakan diffuser atau menggunakan balsem yang mengandung bahan ini.

4. Minum banyak cairan 

Minum air putih adalah obat pengencer dahak yang paling mudah dan sederhana. Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk menjaga agar lendir tidak terlalu banyak. Ketika seseorang sakit pilek dan batuk, maka minum cairan ekstra dapat mengencerkan dahak dan membantu pengeluarannya. Bagi orang dengan alergi yang kambuhan, tetap terhidrasi dapat membuat pernapasannya tetap terjaga dan tidak tersumbat.

Selain beberapa alternatif obat pengencer dahak di atas, Bunda juga dapat melakukan beberapa hal berikut untuk meredakan batuk berdahak dan masalah pernapasan, seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Menjaga kelembapan udara

Udara kering dapat cepat sekali mengiritasi hidung dan tenggorokan, menyebabkan lebih banyak lendir terbentuk sebagai pelumas. Menempatkan pelembab udara di kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, menjaga hidung tetap bersih, dan mencegah penyakit terkait pernapasan seperti sakit tenggorokan, batuk berdahak, pilek, dan sebagainya.

2. Diam-diam menyingkirkan dahak

Ketika dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, tubuh cenderung mencoba mengeluarkannya. Pastikan dahak dikeluarkan dengan baik yaitu dengan cara meludahkannya ya, Bunda. Karena meludahkan dahak lebih sehat daripada menelannya.

3. Mandi air hangat

Jika Bunda menghabiskan waktu yang cukup lama di kamar mandi berisi uap, maka ini akan membantu melonggarkan dan membersihkan lendir di hidung dan tenggorokan. Membiarkan air panas mengaliri wajah juga dapat meredakan tekanan pada sinus.

4. Meniup hidung dengan lembut

Mungkin Bunda akan tergoda untuk terus meniup sampai lendir kental keluar. Namun, ternyata melakukannya terlalu keras dapat melukai sinus, menyebabkan rasa sakit, tekanan, dan kemungkinan infeksi.

Nah, sudah lengkap ya, tidak hanya obat pengencer dahak saja yang perlu Bunda coba saat Si Kecil mengalami batuk berdahak, tapi ada beberapa hal lain yang bisa Bunda coba lakukan untuk mengurangi dahak dan lendir yang ada di saluran pernapasan Si Kecil tersebut.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi