sign up SIGN UP search


parenting

Bila Anak Tanya soal Matahari Terbit dari Barat, Kutip Penjelasan NASA Saja Bun

Annisa Afani Jumat, 03 Sep 2021 12:05 WIB
Ilustrasi kedekatan anak dan ibu tirinya caption
Jakarta -

Anak-anak memang gudangnya rasa penasaran. Segala hal yang tak dipahami, pasti akan terus mereka tanya hingga mengerti dan sesuai dengan jalan pikirnya.

Terkadang anak juga memberi pertanyaan yang sulit untuk dijawab ya, Bunda. Misalnya saja ada yang bertanya mengapa matahari tak terbit dari barat.

Jika anak melontarkan pertanyaan tersebut, Bunda enggak usah panik karena bingung lagi, ya. Sebab, Bunda bisa kutip penjelasan dari NASA.


Kebetulan, beberapa waktu yang lalu ada unggahan yang menghebohkan soal arah terbitnya matahari. Dalam konten berbahasa Thailand tersebut, disebut bahwa matahari muncul dari barat karena Bumi berputar ke arah sebaliknya. Menurut pengunggah, ini menjadi tanda kedatangan kiamat.

Selain itu, dijelaskan juga jika Bumi sedang menuju ke pembalikan Medan magnet. "Bumi akan berputar ke arah sebaliknya yang menyebabkan Matahari muncul dari sisi barat. Periset meyakini bahwa kita bergerak menuju pembalikan medan magnet yang akan menjadi akhir umat manusia dan mendekati kiamat," tulis postingan tersebut, dikutip dari CNBCIndonesia, Jumat (3/9/2021)

Terkait kehebohan itu, NASA pun angkat bicara. Soal pembalikan magnet, NASA menyebutkan bahwa hal tersebut memang fenomena yang nyata. Bahkan hal tersebut pernah terjadi beberapa kali di masa lalu.

Para peneliti juga telah mempelajari mengenai fenomena tersebut, Bunda. Namun klaim soal matahari terbit dari barat disebut salah alias keliru.

Bettina Inclan dari Associate Administrator for Communications NASA, juga membantah lembaganya mengeluarkan pernyataan itu. Dia menegaskan NASA serta organisasi lain tidak pernah mengeluarkan prediksi tersebut.

"Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi Matahari akan terbit dari barat," kata dia.

Adapun pembalikan medan magnet memang fenomena nyata yang telah terjadi beberapa kali di masa silam dan ilmuwan di seluruh dunia mempelajarinya.

"Namun pernyataan jika hal ini membuat Bumi berputar ke arah sebaliknya yang menjadikan Matahari terbit dari barat adalah salah," katanya lagi.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!