sign up SIGN UP search


parenting

10 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, Ajarkan kepada Si Kecil Bun

Nanie Wardhani Selasa, 05 Oct 2021 17:55 WIB
Ilustrasi anak belajar menggunakan mikroskop dan tabung uji caption

Tidak hanya ada manusia, tapi bumi ini juga dihuni oleh makhluk lainnya yaitu hewan dan tumbuhan, Bunda. Hewan dan tumbuhan ini memiliki perbedaan baik dari fisik, fungsi, kebiasaannya dan lain-lain. Salah satu perbedaan yang paling utama antara hewan dan tumbuhan adalah adanya perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. 

Perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan paling utama terletak pada dinding selnya. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Namun selain dinding sel, ada berbagai perbedaan lainnya antara sel hewan dan sel tumbuhan, Bunda. Apa saja perbedaan tersebut, berikut kami rangkum 10 perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, dari berbagai sumber.


Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang memiliki sel dari jenis eukariotik. Keduanya memiliki struktur sel yang berbeda dengan fungsi yang berbeda juga. Berikut ini penjelasan tentang perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan.

1. Ukuran

Salah satu yang paling mencolok adalah perbedaan dari segi ukuran. Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sel hewan. Ukuran sel tanaman sekitar 10 um – 100 um. Sementara sel hewan sekitar 10 um – 30 um.

2. Dinding sel

Bagian sel yang menjadi pembeda antara sel hewan dan sel tumbuhan yaitu keberadaan dinding sel. Dinding sel merupakan sebuah membran sel dan selulosa yang kaku. Dinding sel ini hanya ada di tumbuhan sedangkan hewan tidak memiliki dinding sel. Maka dari itu, sel dari tumbuhan kaku dan keras. Hal ini bisa kita ketahui dari batang dan ranting tanaman yang keras dan kaku. Adanya dinding sel ini jugalah yang membuat sel tumbuhan tidak bisa berubah, sedangkan sel hewan masih bisa berubah bentuk.

3. Ukuran Vakuola

Vakuola merupakan bagian dari endomembran yang merupakan ruang kosong atau tidak memiliki struktur internal. Baik sel hewan atau sel tumbuhan keduanya memiliki vakuola. Yang menjadi pembeda yaitu pada ukurannya. Sel tumbuhan memiliki ukuran vakuola yang lebih besar dibandingkan dengan sel hewan dan menempati hingga 90 persen dari volume sel tanaman. Sedangkan sel hewan memiliki vakuola yang lebih kecil.

4. Lisosom

Perbedaan sel hwan dan sel tumbuhan lainnya bisa terlihat dari ada atau tidaknya lisosom. Sel hewan memiliki lisosom yang di dalamnya ada dua jenis enzim, yaitu hidrolitik dan pencernaan. Enzim hidrolitik berfungsi membunuh bakteri yang ada di tubuh dan enzim pencernaan yang berfungsi memecah molekul makanan. Sedangkan pada sel tumbuhan lisosom jarang ditemukan. Hal ini dikarenakan pemecahan degradasi molekul sudah dilakukan oleh badan golgi.

5. Kloroplas

Keberadaan kloroplas juga menjadi pembeda antara sel tumbuhan dan sel hewan. Kloroplas ini hanya ditemukan pada sel tanaman. Di dalam kloroplas terdapat klorofil yang fungsinya untuk fotosintesis.

6. Plastida

Selain kloroplas, tumbuhan juga memiliki plastida yang fungsinya untuk membantu proses fotosintesis. Karena fungsinya untuk melakukan fotosintesis, maka sudah pasti bagian sel ini juga tidak ditemukan pada sel hewan.

7. Sentriol

Jika dua jenis sel sebelumnya hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Maka sel ini berbeda, sentriol justru hanya ditemukan pada hewan karena fungsinya untuk pembelahan sel dalam proses replikasi DNA. Sementara itu, tumbuhan tidak memiliki sentriol karena proses sitokinesisnya berbeda dengan hewan.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhanPerbedaan sel hewan dan sel tumbuhan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Vitalii Dumma

8. Silia

Fungsi silia adalah untuk alat gerak sel. Sel tumbuhan merupakan sel yang stabil dan tidak bisa berubah-ubah atau bergerak. Sehingga pada tumbuhan tidak ditemukan silia. Sedangkan pada hewan ada silia karena sel-sel pada hewan dapat mengalami pergerakan.

9. Plasmodesmata

Plasmodesmata berfungsi untuk menghubungkan sitoplasma dan menjadi media komunikasi antar sel. Plasmodesmata hanya ditemukan pada sel hewan sedangkan pada sel tumbuhan tidak ada.

1o. Kemampuan sintesis protein

Perbedaan yang terakhir yaitu pada kemampuan untuk melakukan sintesis protein. Pada sel tumbuhan semua jenis asam amino bisa disintesis. Namun pada sel hewan hanya ada 10 jenis asam amino saja yang bisa disintesis. Selain itu, sel pada tumbuhan juga bisa mensintesis vitamin dan koenzim, kemampuan ini yang juga tidak dimiliki oleh sel hewan.

Demikian 10 perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang bisa menjadi bahan pembahasan saat mengobrol bersama Si Kecil.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!