sign up SIGN UP search


parenting

Biaya Masuk Sekolah 8 SD di Jakarta Selatan Tahun 2022, Catat Ya Bun

Annisa Karnesyia Kamis, 07 Oct 2021 19:45 WIB
Parent and elementary school student go hand in hand on a light background . Back to school concept caption
Jakarta -

Bunda lagi mencari Sekolah Dasar (SD) untuk Si Kecil yang baru lulus Taman Kanak-kanak (TK)? Mencari sekolah untuk anak ternyata enggak mudah lho, Bunda.

Saat mencari sekolah, orang tua perlu mempertimbangkan beberapa hal nih. Tak cuma soal ramah dan aman untuk anak, tapi juga sekolah yang memiliki fasilitas bagus dengan biaya terjangkau.

Ya, biaya masih menjadi salah satu pertimbangan utama saat memilih sekolah anak. Tak sedikit orang tua sudah menyiapkan dana pendidikan untuk anaknya sejak belum sekolah.


Menyiapkan dana pendidikan memang penting. Apalagi, biaya pendidikan bisa naik setiap tahun menyesuaikan fasilitas hingga kurikulum pendidikan.

Janin Menangis di Kandungan

"Menyiapkan dana pendidikan anak itu merupakan suatu perjalanan yang panjang, kita perlu siapkan dengan matang," kata Francisca Emi, Financial Trainer QM Financial, dalam acara HaiBunda Squad Online, beberapa waktu lalu.

Bunda perlu mendiskusikan biaya pendidikan ini dengan Ayah sebelum memilih sekolah. Terutama bila Bunda memiliki lebih dari satu anak ya.

Menghitung kebutuhan dana pendidikan juga perlu menyesuaikan kemampuan finansial. Jangan sampai Ayah dan Bunda mengorbankan pengeluaran wajib dan rutin demi membiayai sekolah anak di tempat bergengsi.

Meski begitu, dana pendidikan anak bisa dikumpulkan dengan menyisihkan uang dari kebutuhan lainnya. Jika khawatir kekurangan, maka bisa disiasati dengan mengurangi salah satu pos pengeluaran bulanan, misalnya lifestyle atau pengeluaran rutin.

"Nah, di sini Bunda biasanya akan berhadapan dengan kegalauan uang yang enggak cukup. Cost yang bisa dikurangi ya kurangi, biasanya lifestyle, atau rutin. Cara satu lagi adalah dengan menaikkan penghasilan," ujar Emi.

Biaya sekolah anak SD cukup beragam, Bunda. Umumnya biaya ini mencakup uang pendaftaran, uang pangkal, uang seragam, dan SPP per bulan. Beberapa sekolah ada pula yang mewajibkan membayar uang kegiatan hingga biaya pengembangan per tahun.

Biaya tersebut dapat bervariasi di setiap sekolah, terutama SD swasta. Untuk itu, Bunda perlu cermat mencari sekolah yang biayanya sesuai kemampuan finansial keluarga ya.

Selain biaya, jangan lupa cari sekolah yang dekat dengan rumah. Nah, bagi Bunda yang tinggal di Jakarta Selatan, catat biaya masuk sekolah SD anak berikut ini ya.

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/fia)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!