sign up SIGN UP search


parenting

Dekatkan Ayah dan Si Kecil, Lakukan 5 Aktivitas Ini sebagai Bonding Time

Bella Barliana Rabu, 10 Nov 2021 18:25 WIB
Unrecognizable young father with his newborn baby son, lying on bed in bedroom Ilustrrasi ayah dan anak/Foto: iStock

Jakarta - Bukan hanya Bunda, kehadiran seorang Ayah juga penting terhadap tumbuh kembang Si Kecil. Untuk merasakan kedekatan dengan Ayah, Si Kecil tentu harus melakukan kegiatan bersama atau melakukan bonding time.

Tapi Bunda tahu enggak sih, kedekatan antara ayah dan anak ternyata sangatlah penting? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, ketika ayah menghabiskan waktu dengan bayi yang baru lahir dan mulai mengembangkan hubungan yang kuat dengan mereka sejak awal, ada banyak sekali manfaat bagi keduanya. 

Dilansir dari Healthway Medical, seorang anak yang ayahnya terlibat aktif dalam hidupnya akan tumbuh dengan memiliki kemampuan kognitif, psikologis, sosial, dan emosional yang lebih baik. Begitu pun dengan Ayah, ia akan memiliki risiko lebih kecil mengalami depresi di kemudian hari.


Anak yang dekat dengan ayahnya kelak mampu mengembangkan toleransi stres yang lebih baik, kepercayaan diri lebih tinggi, prestasi akademik, dan kehidupan yang lebih baik. Anak juga akan memiliki hubungan lebih sehat dan stabil ketika dewasa.

“Apabila ayah secara aktif terlibat dengan anak-anak mereka, anak-anak menjadi lebih baik,” kata Paul Amato, seorang sosiolog yang mempelajari hubungan orang tua-anak di Pennsylvania State University, dikutip dari Fatherly.

Namun, banyaknya waktu yang dihabiskan bersama anak tidak begitu penting jika dibandingkan dengan kualitasnya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan kegiatan yang bisa membangun kedekatan antara ayah dan anak dengan efektif.

“Harus ada jumlah waktu minimum yang dihabiskan bersama, tetapi kualitas waktu lebih penting daripada kuantitas waktu. Hanya menonton televisi bersama, tidak akan banyak membantu,” sambung Amato.

Banner Manfaat Air MawarBanner Manfaat Air Mawar/ Foto: HaiBunda/Mia

Jadi, kira-kira kegiatan apa saja yang bisa membangun kedekatan antara ayah dan anak? Dilansir dari Lamaze, berikut adalah lima rekomendasi bonding time untuk Ayah coba bersama Si Kecil.

1. Membacakan cerita

Ketika Si Kecil baru lahir, Ayah bisa saja meluangkan waktu setiap hari untuk membacakan buku untuk bayinya. Meskipun bayi tidak memahami kata-kata, bayi baru lahir dan anak kecil senang mendengar suara manusia dan sangat terhibur dengan dipeluk dan mendengarkan suara ayahnya yang terasa aman dan akrab.

Pada awalnya, tidak penting apa yang akan dibacakan, yang terpenting adalah waktu yang diluangkan untuk melakukan hal ini. Ayah bisa membaca novel, majalah, atau koran kesukaan. Namun, seiring bertambahnya usia bayi, tentu Ayah harus menyesuaikan bahan bacaan yang sesuai dengan usianya, agar Si Kecil semakin tertarik mendengarkan cerita Ayah.

2. Berolahraga bersama

Para ayah juga bisa menghabiskan waktu bersama bayinya dengan berolahraga, selagi Bunda sibuk membereskan pekerjaan di rumah. Ketika bayi masih sangat kecil, Ayah bisa mengajaknya untuk berjalan-jalan gendongan bayi atau kereta dorong.

Saat bertambah besar, Ayah bisa menempatkan mereka di kursi anak di atas sepeda, menggunakan kereta dorong joging, atau trailer sepeda. Tetapi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan keamanan Si Kecil ya, Ayah.

Klik baca halaman berikutnya untuk mengetahui rekomendasi kegiatan lain.

Simak juga  video tentang 4 manfaat melakukan babymoon bersama Ayah di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



DARIPADA HANYA MENONTON TV, AJAK SI KECIL BERMAIN VIDEO GAME SAJA, AYAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!