sign up SIGN UP search


parenting

8 Hal Penting yang Sebaiknya Disiapkan Orang Tua Sebelum Meninggal Dunia

Annisa Karnesyia Jumat, 05 Nov 2021 19:04 WIB
Suami dan istri Ilustrasi orang tua membuat perencaaan sebelum meninggal dunia/ Foto: iStock
Jakarta -

Kepergian Vanessa Angel dan suami, Febri Andriansyah alias Bibi, meninggalkan duka bagi keluarga. Kesedihan semakin tak terbendung ketika melihat Gala Sky Andriansyah, putra semata wayang Vanessa dan Bibi yang kini berusia 15 bulan, terus menangis dan memanggil sang Bunda.

Gala masih terlalu kecil untuk mengerti peristiwa yang dialaminya. Namun, dia tetap membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat untuk bisa tumbuh seperti anak-anak lain.

Menurut Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini Hermawan, ketika kita melihat seseorang yang dikenal berduka, secara manusiawi, kita wajib membantunya. Hal yang amat penting bagi mereka di masa duka, yakni support system atau orang-orang sebagai pendukung.


Sementara terkait duka pada anak, Sani mengatakan bahwa sangat penting mendampinginya. Anak yang berduka perlu pendamping, khususnya keluarga sendiri, agar tak merasa sendirian.

Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021Foto: HaiBunda/Mia

"Kalau anak ada pendampingan keluarga dahulu. Baru jika perlu, ke psikolog," katanya kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Ditinggalkan orang terkasih untuk selamanya tidaklah mudah. Sebagai orang tua, Bunda sebaiknya sudah memikirkan kemungkinan terburuk ini saat memiliki anak.

Kita perlu lho menyiapkan beberapa hal penting sebelum meninggal dunia. Harapannya, anak tidak terlalu lama berduka dan masa depannya bisa terjamin meski tanpa orang tua.

Seperti dilansir My Kids Time, berikut 8 hal penting yang perlu Ayah dan Bunda siapkan sebelum meninggal dunia:

1. Bicara dengan orang terdekat yang bisa dipercaya

Sejak awal menikah atau sebelum punya anak, Ayah dan Bunda sudah bisa mulai mendiskusikan skenario terburuk dalam kehidupan. Bila salah satu atau kedua orang tua meninggal, pasangan suami istri sudah menunjuk orang terdekat untuk bertindak dalam keadaan darurat, baik secara hukum dan finansial.

Coba beritahu mereka tentang dokumen penting untuk mengurus masalah finansial setelah meninggal. Berikan kontak orang-orang penting seperti pengacara atau dokter keluarga bila sewaktu-waktu berada dalam keadaan darurat.

Simak juga momen Vanessa Angel bersama suami semasa hidup, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
MENULIS SURAT WASIAT UNTUK KELUARGA DAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!