sign up SIGN UP search


parenting

6 Cara Keluarkan Dahak Bayi tanpa Ribet, Mudah kok Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 11:50 WIB
Mother and baby in pajamas, early in the morning, mom taking care of her sick toddler boy. Baby in bed with fever and running nose Ilustrasi bayi mandi/Foto: iStock

Jakarta - Saat pilek dan batuk, dahak bayi biasanya membuat saluran pernapasannya tersumbat dan sulit bagi mereka untuk mengeluarkannya sendiri. Nah, bagaimana ya cara mengeluarkan dahak bayi tanpa ribet, Bunda?

Tidak seperti orang dewasa yang sudah bisa mengeluarkan dahaknya sendiri, bayi hanya bisa rewel ketika dahaknya berkumpul dan tidak bisa keluar. Ini karena mereka merasa tidak nyaman, tetapi tak bisa berbuat apa pun. Sehingga, rewel dan menangis menjadi cara mereka mengeluhkan rasa tak nyamannya.

Mungkin banyak juga Bunda yang merasa kebingungan saat Si Kecil mengalami batuk pilek dan lendir dahak menumpuk karena sulit keluar. Orang tua memang sebaiknya mengetahui cara mengatasi hidung meler dan mengeluarkan lendir dari tenggorokan bayi supaya Si Kecil jadi lebih nyaman.


"Alat hisap mungkin bisa membantu tetapi menggunakan tetes garam mungkin bisa menjadi cara alami melonggarkan lendir," ujar Sarah Stampflee, perawat di Randall Children’s Hospital NICU di Portland, Oregon.

Sarah menambahkan jika Si Kecil menunjukkan tanda-tanda iritasi, pengisapan harus dihindari untuk menghindari kerusakan saluran hidung. Dan, tak jarang, bayi menjerit-jerit saat menggunakan alat bantu tersebut sehingga ini bisa berbahaya secara fisik dan psikologis.

Kebiasaan yang Rusak Tanaman HiasKebiasaan yang Rusak Tanaman Hias/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Saya tidak akan merekomendasikan menahannya karena memang tidak menyenangkan dan bisa menciptakan kecemasan ketika anak-anak melihat alat tersebut. Jika mereka bisa membersihkan lendirnya sendiri, Bunda tak perlu membantu menyedotnya," tambahnya seperti dikutip dari laman Fatherly.

Sebenarnya, lendir berwarna bening tidaklah terlalu mengkhawatirkan. Tetapi, jika bayi masih  mengeluarkan lendir setelah 10-14 hari, mungkin ada masalah yang lebih serius terutama jika disertai dengan demam.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula video tentang 4 obat tradisional atasi batuk pilek pada anak di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



ENGGAK SULIT, INI 6 CARA MENGELUARKAN DAHAK BAYI TANPA RIBET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!