sign up SIGN UP search


Video

6 Pertolongan Pertama Atasi Demam Anak Pasca Vaksin

  |   Haibunda Kamis, 14 Apr 2022 15:50 WIB

Vaksinasi COVID-19 untuk anak sudah bisa diberikan pada usia di atas 6 tahun ya, Bunda. Jenis vaksin yang diberikan untuk anak usia 6 - 11 tahun adalah Sinovac.

Syarat utama anak mendapatkan vaksin adalah sehat. Artinya, anak sedang tidak demam, diare, atau mengalami sakit lainnya. Syarat lain pemberian vaksin kepada Si Kecil adalah berjarak satu bulan setelah imunisasi lainnya. Kalau anak sudah terkena covid ringan, maka dalam jangka waktu 2 hingga 4 minggu anak sudah bisa divaksin. Jika anak mempunyai gejala yang berat dan sudah sembuh maka bisa divaksinasi setelah 3 bulan.

Meski begitu, Bunda tidak perlu khawatir dengan keamanan vaksin anak. Vaksinasi COVID-19 pada anak terbukti aman dan jenis vaksinnya sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun ada yang namanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), Bunda. Hal ini dapat dialami anak setelah vaksinasi COVID-19. KIPI paling umum adalah demam. KIPI lainnya berupa reaksi lokal di bekas suntikan, berupa rasa nyeri hingga bengkak.

Demam pasca vaksin harus dipastikan dengan mengukur suhu tubuh anak menggunakan termometer ya. Jangan hanya meraba tubuh anak untuk memastikan suhunya. Sebab, suhu tubuh dapat dipengaruhi banyak hal, bukan hanya karena vaksin. Nah, di video ini ada sejumlah hal yang bisa Bunda lakukan untuk pertolongan pertama pada anak saat demam setelah vaksin menurut dr. Mita Dewita, Sp.A, spesialis anak di RS Hermina Jatinegara. Simak di video berikut ini ya, Bunda!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!