sign up SIGN UP search


Video

Menumbuhkan Budaya Baca pada Anak di Bulan Ramadan

  |   Haibunda Selasa, 19 Apr 2022 19:20 WIB

Di era serba digital dan teknologi canggih sekarang ini, minat membaca pada anak mulai menurun. Anak-anak lebih suka menonton video atau bermain game di gadgetnya masing-masing, dibanding membaca buku. Mungkin, karena tampilannya lebih menarik ya, Bunda. Kegiatan seperti ini akan semakin terlihat di saat anak-anak sedang menantikan bedug Maghrib untuk berbuka puasa.

Namun, tahukah Bunda, bahwa budaya membaca buku adalah salah satu bagian dari kemampuan literasi yang sejalan dengan nilai-nilai Islam. Apalagi, bulan Ramadan dikenal menjadi momen turunnya Al-Quran untuk pertama kali melalui surat Al-Alaq ayat 1 - 5. Menariknya, ayat pertama berbunyi 'Iqra' yang artinya membaca, meski membaca dapat dimaknai secara luas bukan saja membaca buku tetapi juga membaca apa saja yang menghasilkan pengetahuan.

Maka di bulan Ramadan ini, sebaiknya Bunda mulai mengajak Si Kecil untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan pengetahuan. Bunda bisa mulai menumbuhkan budaya tersebut dengan membacakan menyiapkan buku-buku menarik dan membacakannya untuk mereka.

Di video berikut ini, Ustazah Hajar Nur Setyowati, S.S., S.Th.I, M.A dari Aisyiyah akan memberikan tips untuk Bunda menumbuhkan budaya membaca pada anak di bulan Ramadan ini. Yuk, simak bersama-sama ya, Bunda!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!