sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal Ardian Hafidz Annafi, Siswa Boyolali yang Diterima 7 Kampus Top Dunia

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 17:45 WIB
Ardian Hafidz Annafi, siswa SMA Pradita Dirgantara yang diterima di 7 kampus top dunia. Siswa berprestasi asal Boyolali/ Foto: Dok Ardian Hafidz Annafi
Jakarta -

Memiliki anak yang berprestasi tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Apalagi jika buah hati kita bisa diterima di kampus bergengsi ya, Bunda, tentu ada rasa bahagia dan haru melihatnya.

Sosok Ardian Hafidz Annafi mungkin bisa menjadi sosok yang bisa dicontoh oleh Si Kecil nih. Remaja 18 tahun asal Boyolali, Jawa Tengah ini berhasil lolos di tujuh perguruan tinggi luar negeri lho.

Bukan sembarangan unoversitas karena ketujuh kampus itu masuk dalam jajaran kampus top dunia lho. Di antaranya ada yang menempati peringkat top 100 dan top 200 universitas terbaik dunia versi QS World University Rangkings (WUR).


Ya, Bunda, Ardian berhasil masuk ke University of Toronto (peringkat 26 dunia), University of British Columbia (peringkat 46 dunia), The University of Western Australia (peringkat 93 dunia), Wageningen University (peringkat 123 dunia), University of Otago dan Curtin University (keduanya peringkat 194 dunia), dan Victoria University of Wellington (peringkat 236 dunia).

Sebelumnya, nama Ardian tak begitu dikenal bahkan tak terlalu menonjol lho di sekolahnya. Kok bisa ya, Ardian berhasil diterima di tujuh kampus bergengsi tersebut?

5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam/ Foto: Annisa Shofia/ HaiBunda

Dalam sebuah kesempatan, Ardian bercerita bahwa tidak ada yang istimewa dari kebiasaan sehari-harinya. Bahkan selama ini, ia tidak aktif ikut berlomba atau aktif dalam kegiatan di sekolahnya.

Dari SMP kegiatan sehari-hari saya cuman biasa, pagi bangun jam 5, jam 6. Mungkin mandi, terus pergi ke sekolah di pusat kota. Terus menjalani sekolah," ucap Ardian.

Namun, ada kebiasaan positif Ardian yang bisa Bunda ajarkan pada anak-anak di rumah nih. Ternyata, siswa berprestasi satu ini memiliki kebiasaan rajin membaca buku sejak kecil lho.

Sejak di bangku SMP, Ardian rutin dan rajin mengunjungi perpustakaan di daerahnya nih. Buku apa yang kira-kira ia suka baca saat itu?

Ternyata, Ardian sangat menyukai kisah traveler yang membuat imajinasinya melanglang buana ke berbagai daerah dan negara. Sehingga, Ardian kecil pun memiliki impian untuk pergi ke luar negeri lho, Bunda. Keren ya!

Mimpi itu ia pupuk bersamaan dengan tes masuk sekolah menengah atas. Ardian kemudian memutuskan untuk mendaftar ke SMA Pradita Dirgantara yang diketahui memiliki seleksi ketat bagi calon siswanya.

Nah, saat SMA inilah kehidupan Ardian mulai berubah Bunda. Meski begitu, kebiasaannya membaca tak pernah ia tinggalkan lho.

"Setelah jam 10 sampai jam 11 atau setengah 12 itu saya sempetin buat membaca buku, terutama novel," ungkap Ardian.

Kebiasaan baru seperti apa yang membuka mata Ardian hingga akhirnya berhasil menembus kampus bergengsi di luar negeri?

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI!

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!