sign up SIGN UP search


parenting

10 Ide Menu Bekal Anak Sekolah untuk Dua Minggu, Sederhana dan Gampang Dibuat

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 19 Jul 2022 23:20 WIB
10 Ide Menu Bekal Anak Sekolah untuk Dua Minggu, Sederhana dan Gampang Dibuat caption
Jakarta -

Menyiapkan menu bekal anak sekolah sama seperti menyiapkan makanan anak di rumah. Bahkan, jika perlu variasikan agar makanan Si Kecil bergizi seimbang.

Bicara tentang makanan, tahukah Bunda, analisis survei konsumsi makanan individu tahun 2014, sebanyak 40,7 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan berlemak?

Akan tetapi 93,5 persen malah kurang konsumsi sayur dan buah? Padahal buah dan sayur adalah makanan yang diperlukan oleh tubuh, terutama anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, lho.


Untuk itu, dalam menyiapkan bekal anak, dikutip dari buku yang ditulis dr.Lily S Sulistyowati, MM, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI 2015-2018, dan rekan, menu bekal anak yang sehat harus memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan.

Selain itu, bekal anak harus menggunakan bahan makanan dengan prinsip beraneka ragam sesuai konsep gizi seimbang. Apa saja ide menu anak sekolah anak untuk dua minggu?

Berikut komposisi bekal anak agar bergizi seimbang:

1. Makanan pokok

"Makanan pokok yang bisa jadi pilihan antara lain adalah beras, kentang, roti, mi. Makanan pokok bisa disajikan satu jenis saja misalnya nasi putih saja atau kentang saja. Makanan pokoknya boleh dicampur asal porsinya nggak lebih dari 100 gram," terang dr.Lily dikutip dari katalog dalam terbitan Kemenkes Menu Katering Sehat.

2. Lauk pauk

Lily melanjutkan, lauk pauk bisa berupa ikan, telur, unggas, daging sapi, tahu dan tempe. Penyajian lauk pauk setiap kali waktu makan adalah satu sampai dua porsi.

Hal ini karena pada panduan konsumsi gizi seimbang jumlah lauk pauk yang dikonsumsi tiap hari yaitu tiga sampai empat porsi. Namun, perlu diingat jumlah ini akan berbeda untuk setiap kelompok umur ya, Bunda.

3. Sayuran

"Sayuran terdiri dari sayuran hijau dan sayuran berwarna lainnya. Kebutuhan sayuran adalah tiga sampai empat porsi setiap hari. Dengan demikian setiap kali waktu makan utama maka jumlah sayur yang di konsumsi minimal satu porsi atau 100 gram," papar dr Lily.

4. Buah-buahan

Jangan lupa juga untuk menambahkan buah-buahan pada bekal Si Kecil, Bunda. Namun, harus disesuaikan padanan porsinya. Kata dr.Lily, buah-buahan memiliki kandungan gula dan lemak yang baik untuk anak.

Selain itu, buah-buahan yang dijadikan tambahan bekal baiknya dalam keadaan utuh dan segar, bukan buah dalam kemasan. Nah, masih soal menu bekal anak, Bubun akan bagikan ide menu bekal anak sekolah di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga resep camilan potato pom pom melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



IDE MENU BEKAL ANAK SEKOLAH UNTUK 2 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!