sign up SIGN UP search


menyusui

Anak Susah Makan? Yuk Perbaiki Jadwal Menyusui Si Kecil Terlebih Dulu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 16 Jul 2022 07:10 WIB
Ilustrasi Anak MPASI caption
Jakarta -

Mengatur jadwal menyusui ternyata sangat penting nih, Bunda. Apalagi, bila Si Kecil sudah berusia enam bulan ke atas dan mulai mendapatkan MPASI.

Menyusui menjadi periode penting untuk memenuhi nutrisi Si Kecil. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan pertama kehidupan anak.

Menurut WHO, menyusui eksklusif adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup anak. Sebab, ASI menyediakan semua energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk bulan-bulan pertama kehidupannya.


Proses mengASIhi dapat berlanjut setelah pemberian ASI eksklusif 6 bulan ya, Bunda. Nah, pemberian ASI pada anak di atas 6 bulan sudah harus menyesuaikan pemberian MPASI nih.

Bunda perlu memastikan jumlah ASI yang masuk sesuai dengan kebutuhan dan berat badan anak. Sedangkan, pemberian MPASI juga perlu diperhatikan, mulai dari tekstur hingga porsinya.

Penting untuk memahami jadwal menyusui dan MPASI

Jadwal menyusui diperhatikan pada anak yang sudah mulai MPASI ya, Bunda. Dokter Spesialis Anak, dr. I.G.A.N Partiwi, SpA, MARS, mengatakan bahwa mengatur jadwal makan anak masih menjadi salah satu masalah menyusui.

Menurut dokter yang akrab disapa Tiwi ini, para Bunda masih kesulitan untuk mengerti maksud dari menyusui on demand. Proses menyusui ini berkaitan dengan melihat tanda-tanda bayi lapar.

"Sulitnya itu pada ibu yang menerjemahkan menyusui on demand atau suka-suka anak menyusu, itu pasti akan kesulitan," kata dokter Tiwi acara Press Conference Grofato 'Grow Fast Gelato' di Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Jadwal makan jangan menyusui anak

Masalah menyusui dan nutrisi anak sebenarnya tidak akan terjadi bila Bunda memahami jadwal makan anak. Saat anak tidak mau makan, Bunda jangan hanya bergantung dengan memberikan ASI ya.

"Jadi itu sebenarnya kalai anak sudah waktunya makan, jangan disusui. Kalau tidak mau makan, jangan selalu dikasih ASI," ujarnya.

Pemberian ASI dan MPASI yang salah bisa memengaruhi kondisi anak lho. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 trik jitu pumping agar ASI perah berlimpah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

AKIBAT SALAH PEMBERIAN MAKAN: ANAK SUSAH MAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!