sign up SIGN UP search


parenting

Relate Banget Bun! Eriska Rein Curhat Suami Pilih Baju Anak Enggak Matching

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 29 Jul 2022 09:10 WIB
TIPS AJAK SUAMI MERAWAT ANAK
ilustrasi cara agar ayah mau ikut mengasuh anak caption

Setelah melahirkan, seorang bunda biasanya akan merasa kerepotan mengurus bayi. Saat bunda merasa kesulitan, maka situasi tersebut tak bisa dianggap enteng. Sudah menjadi kewajiban suami untuk membantu istri agar pengasuhan berjalan dengan lancar.

Seperti dikutip dari babycenter, Konsultan Keluarga dan Praktisi Perawat Meg Zweiback mengatakan kunci dalam pembagian kerja mengurus anak dan rumah adalah komunikasi yang baik. Setelah anak lahir, sangat penting untuk setiap pasangan membicarakan apa yang harus dilakukan dan bagaimana agar tugas baru sebagai orangtua ini berjalan baik.

Banner Fakta IQ Anak

Tips mengajak suami merawat anak

Berikut beberapa cara mengajak suami agar mau ikut mengurus bayi yang baru lahir:


1. Komunikasi

Perlu bagi Bunda untuk bicara pada ayah soal masalah yang dialami. Saat membicarakan hal tersebut, usahakan agar Bunda sudah tahu apa yang diinginkan.

Kebanyakan pasangan biasanya bisa mengatasi kesibukan kerja sekaligus rumah tangga ini. Hal ini memang akan sedikit membuat stres, tapi dengan upaya ini, pasangan dapat bertahan dan semua bisa dilalui bersama.

Jangan lupa, saat mengobrol dengan pasangan, bicarakan juga perbedaan tanggung jawab Bunda dan Ayah saat sebelum serta sesudah bayi lahir. Pastikan agar pasangan paham bahwa kini Bunda memiliki tugas lebih banyak sehingga memerlukan bantuan.

2. Libatkan suami

Ajak suami agar selalu terlibat saat mengurus bayi. Beberapa ayah mau terlibat mengurus bayi sejak awal kelahiran, namun beberapa yang lainnya butuh waktu untuk beradaptasi.

Jika suami Bunda tipe yang kedua, maka Bunda harus bersabar dan jangan pernah menyerah untuk terus melibatkannya mengurus bayi. Biarkan suami tahu kalau Bunda bukan supermom yang tak membutuhkan bantuannya.

3. Beri waktu

Berikan pasangan waktu untuk melatih kemampuannya menjadi ayah. Tidak sedikit ayah yang baru belajar mengurus bayi jadi sensitif pada saran atau kritikan sehingga mereka akhirnya memilih menyerah.

Selain menyusui, ayah sebenarnya bisa melakukan semua hal terkait mengurus bayi. Namun beberapa hal yang terkadang menjadi hal berat bagi ayah yakni saat bayi buang air kecil atau besar.

Untuk itu, Bunda perlu memberikan waktu agar ia menemukan kenyamanannya dalam mengurus anak. Salah satu tips yang patut dicoba agar ayah bisa benar-benar belajar, cobalah untuk meninggalkan keduanya sendirian.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!