sign up SIGN UP search


parenting

5 Mukjizat Nabi Idris AS, Salah Satunya Pionir Arsitektur

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 21:15 WIB
ilustrasi anak berdoa 5 Mukjizat Nabi Idris AS, Salah Satunya Pionir Arsitektur/Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam AS. Beliau adalah nabi yang berada di urutan kedua setelah Nabi Adam dalam urutan 25 nabi yang wajib diimani umat Muslim.

Menjadi seorang pilihan, tentu saja Nabi Idris AS memiliki mukjizat dari Allah SWT. Lalu, sudahkah Bunda tahu apa saja mukjizat yang dimiliki Beliau?

Sebelumnya pahami dulu bahwa Nabi Idris AS bukan hanya dimuliakan dengan mukjizat ini. Beliau juga memiliki otak cerdas sehingga bisa menjadi pionir dalam ilmu arsitektur.


Banner Fakta IQ AnakFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Mukjizat Nabi Idris AS

Bunda, ketahui yuk 5 mukjizat Nabi Idris AS berikut!

1. Mukjizat Nabi Idris AS menerima 30 shahifah

Allah SWT telah menurunkan 30 lembaran shahifah kepada Nabi Idris yang isinya petunjuk untuk disampaikan kepada umatnya, yaitu para keturunan Qabil yang durhaka kala itu. Hal ini tersebut dalam buku Riwayat 25 Nabi dan Rasul karya Gamal Komandoko. Nabi Idris diangkat Allah SWT untuk memerangi semua kemungkaran dan kekafiran serta mengajak seluruh kaumnya untuk menyembah Allah SWT sebagai Tuhan yang Esa.

2. Nabi Idris AS sebagai nabi pertama yang bisa menulis dan membaca

Selanjutnya mukjizat Nabi Idris AS adalah sebagai orang pertama yang diberikan kelebihan sehingga pandai menulis dan membaca. Bahkan pada masanya, Nabi Idris AS selalu mengajarkan tulis-menulis pada masyarakat.

Hasil dari pengajaran itulah mulai lahir tulisan-tulisan yang di kemudian hari membantu para pengamat sejarah mencari tahu kehidupan di masa lampau. Beberapa buktinya kemudian ditemukan dalam bentuk batu pahat, kulit, kayu, dinding gua, logam, gading.

3. Mukjizat Nabi Idris AS adalah orang pertama yang menguasai astrologi dan arsitektur

Tidak hanya pandai menulis dan membaca, mukjizat Nabi Idris AS lainnya ialah mendapatkan kelebihan tentang Ilmu Falaq (perbintangan) atau astrologi. Nabi Idris AS juga selalu mengkaji fenomena alam yang merupakan bentuk atau tanda kebesaran Allah SWT. Tidak hanya itu, Beliau juga dikenal sebagai orang pertama yang mengetahui tentang rencana pembangunan kota hingga peradaban ilmu politik.

4. Nabi Idris AS memiliki derajat yang tinggi

Berdasarkan apa yang termaktub dalam surat Maryam ayat 56-57, telah dijelaskan jika Nabi Idris AS merupakan seorang nabi yang bermartabat tinggi. Beliau memiliki derajat yang tinggi selain kemuliaannya sebagai seorang nabi yang soleh dan Allah SWT yang menempatkan beliau ada dalam golongan tersebut.

5. Mukjizat Nabi Idris AS mendapatkan izin melihat surga Allah SWT

Berdasarkan sebuah riwayat, dijelaskan jika Nabi Idris AS pernah memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk memohon izin diperlihatkan surga. Akhirnya Allah SWT mengabulkan doanya dengan memerintahkan Malaikat Izrail untuk menjemput Nabi Idris AS dan membawanya menuju surga.

Dari kisah ini diyakini jika Nabi Idris AS dibawa ke surga sebelum meninggal. Dan, mereka percaya jika Nabi Idris AS merupakan satu-satunya manusia yang bisa masuk surga tanpa pernah meninggal. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips hasilkan anak cerdas seperti Maudy Ayunda. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!