sign up SIGN UP search


Video

Hindari Memarahi, Lakukan 5 Cara Ini saat Si Kecil Tidak Mau Mendengarkan Bunda

HaiBunda   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 16:11 WIB

Saat Si Kecil tak mau mendengarkan ucapan orang tua, hal tersebut benar-benar menguji kesabaran ya, Bun. Berada pada fase ini memang cukup melelahkan. Seringkali dapat memicu respons negatif Bunda seperti memarahinya.

Alih-alih memarahinya, lebih baik memahami alasan mengapa anak tidak mau mendengarkan. Sebab, kalau Bunda malah merasa kesal, marah, atau bahkan frustasi dengan hal ini. Anak justru kemungkinan akan memberontak, menantang, sampai benar-benar mengabaikan Bunda.

Alasan anak tidak mau mendengarkan Bunda bukan berarti membakang atau tidak hormat, karena mereka masih berlatih banyak hal, termasuk mendengarkan. Arahan yang terlalu rumit juga bisa menjadi penyebabnya karena pesan sulit dimengerti. Hal lain pun anak tidak memiliki motivasi untuk melakukan perintah seperti tidak diiringi alasan yang mendukung atau berupa pujian.

Pada fase ini hindari mengkritik dan memarahi anak. Justru malah akan semakin membuat mereka mengabaikan Bunda dan juga dapat memicu reaksi emosionalnya. Biasakan juga untuk menghindari kata 'jangan'. Pilih kata-kata lain, seperti 'jangan lari', ubah menjadi 'gunakan kaki untuk berjalan' atau 'sebaiknya jalan saja'.

Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan saat Si Kecil tidak mau mendengarkan perkataan Bunda. Berikut Bubun telah rangkumkan, yuk disimak!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!