sign up SIGN UP search

parenting

Ketahui Gejala Flu Tomat yang Serang Anak di Bawah 5 Tahun, Belum Ada Obatnya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 21 Aug 2022 15:15 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit caption
Jakarta -

Kasus pertama cacar monyet baru saja dilaporkan sudah masuk ke Indonesia. Belum juga selesai, dunia kesehatan diramaikan dengan penyakit infeksi baru yang disebut flu tomat.

Bunda sepertinya perlu mewaspadai penyakit yang satu ini karena disebut menyerang beberapa anak berusia di bawah 5 tahun di India. Flu tomat sejauh ini diketahui telah menginfeksi 82 anak berusia di bawah 5 tahun.

Melansir The Lancet Respiratory Medicine, flu tomat pertama kali teridentifikasi di India pada 6 Mei lalu. Diberi nama flu tomat atau demam tomat lantaran penyakit ini ditandai dengan adanya gejala blister berwarna merah di permukaan kulit.


Infeksi virus tersebut juga diketahui dapat disertai nyeri sendi dan demam. Meski tidak sampai menyebabkan kematian, adanya flu tomat tetap harus diwaspadai.

"Virus baru bernama Flu Tomat atau demam tomat telah mewabah di India di negara bagian Kerala pada anak di bawah 5 tahun," tulis laporan tersebut.

"Infeksi virus langka ini ada di wilayah endemik dan diyakini tidak mengancam nyawa, meski demikian karena pengalaman mengerikan dengan pandemi Covid-19, maka manajemen kewaspadaan diperlukan untuk mencegah wabah lebih lanjut."

Melansir The Indian Express, flu tomat disebut sebagai penyakit yang tidak teridentifikasi, Bunda. Dokter daerah setempat di India mengungkapkan gejala serius flu tomat yang rentan menyerang anak di bawah 5 tahun, yakni dehidrasi akut.

Jika hal tersebut terjadi, maka yang selanjutnya yakni kram, masalah kulit, mual, muntah, diare, perubahan warna pada tangan, lutut, bokong, batuk, bersin, dan pilek.

Lantas bagaimana dengan pengobatan flu tomat? TERUSKAN MEMBACA DENGAN KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(fir/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!