sign up SIGN UP search


parenting

Waspada Flu Tomat pada Anak Merebak: Pengertian, Penyebab, dan Gejala

ANNISAAFANI   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 15:30 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Ilustrasi anak sakit/Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Kita belum bisa tenang dengan turunnnya kasus COVID-19, Bunda. Belum juga usai pandemi, kini ada ancaman baru, yakni Flu Tomat.

Mengutip pemberitaan dari berbagai sumber, saat ini flu tomat sudah menyebar di beberapa kawasan di India. Tak bisa dipungkiri, hal ini tentunya membuat para Bunda di berbagai negara ikut was-was.

Pejabat Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga di India mengabarkan terjadinya lonjakan kasus flu tomat secara tiba-tiba. Hingga saat ini, penyakit tersebut sudah menginfeksi lebih dari 80 anak-anak di India.


Menanggapi situasi tersebut, Menteri Kesehatan India, K Sudhakar, mengarahkan para pejabat untuk menjaga kewaspadaan tinggi di sepanjang distrik perbatasan.

"Laporan awal menunjukkan bahwa kasus telah dilaporkan dari Aryankavu, Anchal, dan Neduvathur di Kerala. Sebagai tindakan pencegahan, kami akan menjaga kewaspadaan dengan ketat pada wisatawan harian dari Kerala yang memasuki Dakshina Kannada, Udupi, Kodagu, Chamarajanagar, dan Mysuru selain memantau anak-anak yang terinfeksi flu tomat," tutur Sudhakar, dikutip dari Times Of India pada Sabtu, (14/5/2022).

Kemudian, melansir The Indian Express, flu tomat disebut sebagai penyakit yang tidak teridentifikasi, Bunda. Ini dikategorikan sebagai penyakit yang muncul dari virus langka dan menyebabkan ruam berwarna merah gelap seperti, iritasi kulit, kemudian menimbulkan dehidrasi.

Tak hanya itu saja, anak yang terinfeksi flu tomat juga akan mengalami demam tinggi, sakit badan yang parah, pembengkakan sendi dan kelelahan. Bisa terbayang, flu ini bisa membuat anak-anak menjadi tak berdaya, Bunda.

Apa Gejala Flu Tomat?

Lebih lanjut, beberapa laporan juga menunjukkan bahwa flu tomat saat ini dominan terjadi hanya pada anak-anak. Anak-anak yang berisiko terinfeksi yakni termasuk dalam kelompok usia di bawah 5 tahun atau kurang.

Dokter daerah setempat di India juga telah mengungkapkan gejala serius dari flu tomat, yakni dehidrasi akut. Jika hal ini terjadi, maka yang selanjutnya yakni kram, masalah kulit, mual, muntah, diare, perubahan warna pada tangan, lutut, bokong, batuk, bersin, dan pilek.

Lalu bagaimana cara penanganan dan pengobatan bagi anak yang mengalami flu tomat? Simak informasi selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga tips mengatasi flu pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
PENGOBATAN DAN PERAWATAN FLU TOMAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!