sign up SIGN UP search


parenting

3 Ide Unik Kerajinan dari Limbah Organik, Bisa Ajak Si Kecil

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 09 Sep 2022 16:28 WIB
Pot cangkang telur kerajinan dari limbah organik caption

Baik untuk tugas sekolah Si Kecil, atau untuk mengisi kegiatan di rumah, ada banyak ide unik untuk membuat kerajinan dari limbah organik lho Bunda.

Limbah organik adalah sampah atau sisa bahan yang masih dapat didaur ulang. Limbah organik bisa berasal dari makhluk hidup, atau limbah makanan. Limbah jenis ini punya sifat yang mudah membusuk atau terurai.

Untuk membuat kerajinan dari limbah organik, biasanya yang digunakan adalah sisa makanan seperti dari buah-buahan, atau dari tumbuh-tumbuhan. Kerajinan yang dibuat dari limbah organik bisa berbentuk hiasan, atau barang yang memiliki fungsi tertentu.


Kerajinan dari limbah organik juga tidak memerlukan banyak bahan tambahan. Bunda hanya perlu menyiapkan limbah organik dan bahan tambahan yang mudah dicari dan didapat.

Ide kerajinan dari limbah organik

Inilah beberapa ide kerajinan dari limbah organik, seperti yang dikutip dari Honestly Modern.

Karangan bunga dari kulit jeruk

Sering membeli buah jeruk? Sebaiknya kini tidak membuang kulitnya. Karena kulit jeruk bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan, salah satunya dibuat menjadi karangan bunga.

Bunda bisa membentuk kulit jeruk dan menyambungkan satu demi satu, sehingga terangkai. Warnanya yang indah dan aromanya yang harum akan membuat Si Kecil antusias.

Pot dari cangkang telur

Kerajinan ini tentunya akan sangat mudah dan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi Si Kecil. Cangkang telur yang biasanya dibuang, bisa diolah menjadi pot tanaman lho.

Cangkang telur cukup dipotong pada bagian atas, lalu isi dengan tanah dan tanam biji-bijian seperti cabai atau kacang hijau. Bunda juga bisa mewarnai potnya lho!

Bikin baju tie-dye dengan pewarna alpukat

Ingin membuat Si Kecil takjub dan menyukai kegiatan membuat kerajinan? Cobalah membeli satu baju polos, lalu warnai dengan biji dan kulit alpukat. Namun, cara ini mungkin memakan waktu dan cukup sulit.

Tidak hanya baju, kulit dan biji alpukat juga bisa mewarnai topi, bandana, atau tas jinjing. Kerajinan ini cocok untuk Bunda yang ingin menghabiskan waktu seharian bersama Si Kecil.

Berbagai ide kerajinannya sudah tersedia, lalu kira-kira apa ya manfaatnya membuat kerajinan dari limbah organik ini? Yuk baca penjelasannya di halaman berikut Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT MEMBUAT KERAJINAN DARI LIMBAH ORGANIK BERSAMA SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!