sign up SIGN UP search


parenting

Penyebab Anak-anak Sering Kutuan, Simak Cara Membasminya Bun

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 13:05 WIB
kutu rambut Penyebab Anak-anak Sering Kutuan, Simak Cara Membasminya Bun/Foto: iStock
Jakarta -

Bunda tentu tak asing dengan kutu rambut, bukan? Kutu rambut merupakan serangga kecil yang memakan darah dari kulit kepala manusia.

Faktanya, kutu rambut paling sering menyerang anak-anak. Sebetulnya, apa sih penyebab anak banyak kutu?

Sebagai orang tua, Bunda tak perlu terlalu khawatir karena ini merupakan hal yang biasa. Terlebih lagi Si kecil merupakan anak yang aktif dan suka bermain dengan banyak anak lainnya.


Umumnya, anak-anak kurang protektif terhadap ruang pribadi. Mereka juga lebih cenderung melakukan kontak fisik satu sama lain yang memudahkan kutu berpindah dari orang ke orang.

Mengutip Mayo Clinic, kasus kutu rambut paling sering terjadi pada anak usia prasekolah hingga sekolah dasar di Amerika Serikat. Kondisi ini juga terjadi di Indonesia.

Perlu untuk dipahami, anak perempuan biasanya lebih memungkinkan terkena kutu rambut. Ini karena kutu dapat lebih mudah naik ke rambut yang panjang.

Apa penyebab anak kutuan?

Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan melakukan banyak kontak kepala ke kepala. Aktivitas yang terjadi di antara mereka inilah yang dapat menjadi tempat kutu rambut berkembang biak.

Biasanya, anak-anak bisa bersantai dalam waktu yang lama saat bersama. Mereka juga kerap memeluk sahabat atau meringkuk berdekatan ketika saling menginap.

Selain itu, anak-anak juga gampang berbagi dan menukar barang-barang pribadi tanpa berpikir dua kali. Berbagi barang-barang ini berpotensi menyebarkan kutu jika telah terpapar dalam 24 hingga 48 jam terakhir.

Terutama pada anak perempuan nih, Bunda. Mereka cenderung lebih banyak aktivitas bersama. Misalnya suka saling menyisir rambut, menata, dan mengepang rambut satu sama lain dengan menggunakan sisir yang sama.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk menegaskan kepada anak-anaknya untuk tidak berbagi barang-barang pribadinya kepada anak lainnya, terutama benda yang menyentuh kepala secara langsung.

Bagi yang memiliki anak perempuan, pastikan rambut panjang mereka diikat saat pergi bermain dengan teman-temannya. Jika digerai, akan memudahkan kutu berpindah.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 


Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga cara menghilangkan kutu rambut dengan shampo dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!