sign up SIGN UP search

parenting

Perlukah Larang Anak Main Lato-lato? Tunggu, Pakar Psikologi UGM Jelaskan Manfaatnya

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 15 Jan 2023 16:30 WIB
Lato-lato adalah permainan lawas yang kini kembali vilar. Anak-anak di Tangerang, Banten, ini begitu gembira saat memainkannya. Ilustrasi Manfaat Permainan Lato-lato/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Permainan lato-lato menjadi daya tarik anak-anak di akhir tahun 2022 hingga kini, Bunda. Banyak yang penasaran dengan permainan tradisional satu ini karena bentuk dan cara memainkannya yang khas.

Lato-lato merupakan permainan berbentuk dua bandulan yang disambung dengan seutas tali. Bandulnya pun terbuat dari bahan plastik polimer.

Sekilas, memainkan lato-lato memang terlihat mudah, Bunda. Namun, banyak anak yang gagal memainkan lato-lato karena tidak bisa melihat secara tepat gerakan bandul.


Meskipun dinilai bisa menambah kecerdasan anak dan menjauhkan mereka dari kebiasaan bermain gadget, kini lato-lato disebut meresahkan masyarakat. Hingga kini, ada beberapa kasus anak yang terluka akibat permainan lato-lato.

Kasus kecelakaan anak akibat lato-lato

Berdasarkan laporan di detikcom pada Selasa (10/1) lalu, seorang anak perempuan berusia 5 tahun asal Kabupaten Sukabumi dilarikan ke rumah sakit gegara luka sobek pada bagian bibirnya karena terkena lato-lato.

Penyebabnya sendiri bukan secara langsung karena lato-lato, Bunda. Ia terdorong saat bermain lalu bibirnya terkena permainan ini.

Tak hanya itu, ada pula anak di Kalimantan Barat yang diketahui mengalami luka parah pada matanya. Lato-lato yang ia mainkan pecah sehingga serpihannya mengenai matanya.

Sesampainya di rumah, matanya sudah memerah dan langsung dibawa ke rumah sakit dan menjalani operasi, penglihatannya juga tampak kabur.

Sisi positif lato-lato

Melihat fenomena lato-lato ini, Psikolog UGM, Prof Koentjoro, MBSc, PhD Psikolog, mengatakan bahwa lato-lato memiliki sisi positif yang bisa dipahmi oleh masyarakat. Salah satunya bisa mengurangi ketergantungan anak untuk bermain gadget.

"Segi positifnya ketergantungan anak pada handphone (HP) jadi berkurang. Dulunya waktu untuk main HP sekarang ke lato-lato," jelasnya dikutip dari laman resmi UGM.

Tak hanya itu, permainan lato-lato juga bisa melatih anak dalam beberapa hal. Berikut ini deretannya:

  • Melatih konsentrasi
  • Ketangkasan fisik
  • Kepercayaan diri
  • Sosialisasi
  • Sarana anak berolahraga yang murah.

Lantas seperti apa peran penting orang tua saat anak bermain lato-lato? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat juga video ciri awal anak cerdas berikut ini:

(mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!