sign up SIGN UP search


Minggu 1

Minggu 2
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Chia Seed


Pada tahapan ini, sebagian Bunda mulai merasakan perubahan pada tubuh. Biasanya, gejalanya hampir mirip dengan sebelum menstruasi. Seperti merasakan payudara sakit, mual, kadang lelah disertai lesu. Namun, pada minggu-minggu ini Bunda justru tidak mendapatkan menstruasi.

Itu sebabnya, pada minggu pertama banyak yang tidak menyadari kehamilannya. Selama periode ini, terjadi pembuahan sel telur di tubuh ibu dan zigot menempel ke rahim. Janin baru saja terbentuk dan mulai tumbuh dari dua sel.

Bentuk perut biasanya akan mulai terlihat saat kehamilan memasuki usia 16 minggu. Sedangkan gejalanya baru terasa di kehamilan setelah dua minggu. Untuk janinnya sendiri belum bisa dilihat, karena Bunda belum dinyatakan benar-benar hamil di minggu pertama.



Bunda Jangan Lupa
  • Mencatat Siklus Menstruasi Terakhir Sangat penting mencatat kapan tanggal terakhir menstruasi untuk membantu menghitung usia kehamilan.
  • Mencatat Riwayat Kesehatan Keluarga Mencatat riwayat kesehatan Bunda dan Ayah, seperti kelainan genetik atau kromosom akan membantu mencari akar masalah saat terjadi gangguan kehamilan.
  • Memeriksakan Kehamilan dengan Test Pack Sebelum benar-benar yakin untuk mengunjungi dokter, Bunda bisa melakukan tes kehamilan awal dengan bantuan test pack.

Bunda Baiknya
  • Tidak Melakukan Diet Di awal kehamilan sangat penting menjaga asupan makanan sehat agar membantu janin tumbuh optimal.
  • Tidak Mengonsumsi Obat tanpa Resep Dokter Ibu hamil dilarang mengonsumsi obat sembarangan. Lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter jika gejala awal kehamilan sudah sangat tidak nyaman dan mengganggu.

Apa Bunda Merasakan
  • Mual Ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di rahim, akan meningkatkan hormon hCG yang diduga memicu mual.
  • Pusing Lonjakan hormon kehamilan dan peningkatan volume darah di awal kehamilan membuat Bunda pusing.

Pada perkembangan janin minggu ke-1, banyak Bunda yang belum sadar sedang hamil. Tapi, kehamilan bisa dirasakan dengan ada tanda-tanda yang mirip menstruasi nih. Misalnya, payudara sakit, Bun.