sign up SIGN UP search


Minggu 17

Minggu 18

Minggu 19
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Jeruk Bali

Berat 140 - 180 gr
Tinggi 14 cm

Pada usia kehamilan 18 minggu, janin sudah bisa menguap dan cegukan. Janin juga mulai mengatur jam tidur mereka.

Pada minggu ini, sistem reproduksi janin masih berkembang. Di usia kehamilan 18 minggu, dokter sudah bisa memprediksi jenis kelamin janin ketika USG dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Tulang rawan kenyal yang akan menjadi rangka tubuh bayi mulai mengeras menjadi tulang. Selubung mielin untuk melindungi serabut saraf mulai terbentuk.



Bunda Jangan Lupa
  • Hindari Berdiri Terlalu Lama Saat Bunda berdiri terlalu lama bisa menyebabkan kaki bengkak dan nyeri punggung.
  • Tidur dengan Posisi Menyamping Tidur miring kiri membantu untuk memastikan aliran darah dan nutrisi maksimum ke plasenta. Serta meningkatkan fungsi ginjal. Hindari tidur dengan posisi terlentang dan tengkurap.
  • Jaga Asupan Air Minum banyak air agar tidak dehidrasi dan sembelit. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk 'mengantarkan' nutrisi ke janin.

Bunda Baiknya
  • Ikut Kelas Prenatal Mengikuti kelas prenatal atau persiapan melahirkan, bisa membantu Bunda mempelajari tips merawat bayi.
  • Melakukan Perawatan Melakukan perawatan kecantikan agar relaks. Tapi ingat, hindari bahan-bahan kimia ketika perawatan di salon.

Apa Bunda Merasakan
  • Tekanan Darah Rendah Beberapa wanita mengalami tekanan darah rendah di pertengahan kehamilan. Ketika tekanan darah menurun, Bunda bisa saja mengalami lemas, pusing, bahkan pingsan.
  • Pusing Bunda perlu konsumsi makanan kecil sepanjang hari. Selain itu, hindari bangun dengan cepat dari posisi duduk atau tidur.

Pada perkembangan janin minggu ke-18, sudah bisa menguap bahkan cegukan. Bunda sudah bisa melihat jenis kelaminnya saat USG. Beratnya mencapai 140-180 gram atau sebesar buah mentimun.