sign up SIGN UP search


Minggu 18

Minggu 19

Minggu 20
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Manga

Berat 230 gr
Tinggi 15 cm

Pada minggu ke-19 kehamilan, panca indra janin mulai bekerja. Sel-sel saraf indra perasa, pendengaran, penglihatan, dan penciuman mulai berkembang di otak janin.

Ketika USG, organ-organ tubuh bayi mulai bisa ditandai. Mulai dari otak, tulang belakang, dan jantung untuk memastikan semuanya berkembang dengan baik. Gerakan janin seperti menedang, menekuk, meraih, berguling, atau bahkan mengisap ibu jarinya juga bisa dilihat melalui USG.

Nah, kalau Bunda ingin tahu jenis kelamin bayi, ini waktu yang tepat untuk USG dan screening trimester dua.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsumsi Makanan Bergizi Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, fosfor, vitamin D, A, dan C. Hindari minuman yang mengandung gula dan soda.
  • Kurangi Stres Stres berlebih pada ibu hamil dapat berpengaruh ke janin. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Early Human Development, disebutkan bahwa ibu hamil yang sering stres 40 persen lebih mungkin memiliki bayi dengan gangguan pola tidur.

Bunda Baiknya
  • Menjaga Pola Makan Jangan makan berlebihan. Untuk mengatasi nafsu makan yang meningkat, sebaiknya siasati dengan mengonsumsi makanan ringan yang sehat sepanjang hari.
  • Kurangi Paparan Sinar Matahari Menghindari panas dapat membantu Bunda terhindar dari pusing, dehidrasi, dan kelelahan.

Apa Bunda Merasakan
  • Nyeri Seiring berkembangnya janin, punggung Bunda mungkin akan terasa nyeri. Selain punggung, nyeri juga terasa pada ligamen.
  • Mudah Lupa Memasuki usia kehamilan 19 minggu, beberapa wanita sering lupa. Beberapa ibu hamil mengatakan, memiliki masalah memori dan kesulitan berkonsentrasi.

Pada perkembangan janin minggu ke-19, sudah sebesar buah mangga atau sekitar 230 gram. Pada minggu ini, sel saraf indra perasa, pendengaran, penglihatan, dan penciuman mulai berkembang di otak janin.