sign up SIGN UP search


Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Chia Seed

Berat 0,1 gr
Tinggi 0,1 - 0,2 mm

Pada usia kehamilan tiga minggu, janin sudah mulai berkembang. Pada usia ini, sel telur yang dibuahi tumbuh dari zigot menjadi sel yang disebut blastokista.

Minggu ini sangat penting karena sel telur dibuahi dan tertanam di lapisan rahim, serta mulai berkembang dengan bantuan oksigen dan nutrisi yang diterima melalui pembuluh darah.

Selama periode ini, janin berbentuk bola kecil atau blastokista yang akan berkembang menjadi plasenta dan mulai memproduksi hormon Human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon ini menghentikan produksi sel telur dan memicu peningkatan produksi estrogen dan progesteron.



Bunda Jangan Lupa
  • Melakukan Tes Kehamilan Lakukan tes kehamilan dengan test pack.
  • Konsumsi Asam Folat Konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium.

Bunda Baiknya
  • Mencari Informasi Mengenai Kehamilan Banyak membaca buku tentang kehamilan trimester pertama.
  • Konsumsi Vitamin Prenatal Lanjutkan konsumsi vitamin prenatal.

Apa Bunda Merasakan
  • Mual Saat janin mulai tumbuh, ibu hamil akan mulai merasakan mual. Terasa sangat kuat di pagi hari dan saat mencium bau yang menyengat.
  • Payudara Bengkak Pada minggu ketiga kehamilan biasa payudara Bunda akan sedikit bengkak dan nyeri.
  • Bercak-bercak Pada akhir minggu ketiga kehamilan, sebagian Bunda akan mengalami bercak-bercak dari vagina. Meski akan lebih sering terjadi selama minggu keempat, paling cepat terjadi enam hari setelah ovulasi, atau pada akhir minggu ketiga.

Pada perkembangan janin minggu ke-3, janin sudah berbentuk bola kecil dan selanjutnya akan berkembang menjadi plasenta. Bentuknya masih lebih kecil dari sebutir garam.