sign up SIGN UP search


Minggu 37

Minggu 38

kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Semangka

Berat 3100 gr
Tinggi 50,7 cm

Pada minggu ini mata bayi akan berwarna biru, abu-abu atau coklat. Tetapi saat perut Bunda terkena cahaya, mata janin dapat berubah warna atau teduh.

Lanugo atau rambut halus yang menutupi tubuh janin akan rontok di minggu ini. Pada saat yang sama, paru-paru bayi menguat dan pita suaranya telah berkembang sebagai bentuk bahwa ia siap berkomunikasi melalui tangisan, Bunda.

Bayi masih menelan cairan ketuban, beberapa di antaranya berakhir di usus bersama dengan sel-sel lainnya, empedu, dan produk limbah yang akan menjadi gerakan usus pertama bagi janin.

Melansir dari Whattoexpect, paru-paru sudah matang dan memproduksi lebih banyak surfaktan, suatu zat yang mencegah kantung udara di paru-paru saling menempel begitu ia mulai bernapas.

Pada minggu ini, janin juga akan menambah lemak dan menyempurnakan otak serta sistem sarafnya. Di mana nantinya berguna untuk menghadapi sistem rangsangan begitu lahir ke dunia.



Bunda Jangan Lupa
  • Menjaga Asupan Air Minum 8-12 Gelas Sehari Hal ini tetap penting dilakukan hingga proses bersalin tiba.
  • Kontrol ke Dokter Ini bisa menjadi kunjungan terakhir sebelum Bunda melahirkan. Tanyakan semua perlengkapan dan proses persalinan dengan matang serta terperinci.
  • Pijat Perineum Melakukan pijat perineum dibantu suami, untuk membantu meregangkan area antara vagina dan rektum. Hal ini untuk memudahkan bayi lahir.

Bunda Baiknya
  • Kurangi Makan Minum banyak air dan mengurangi makan.
  • Jaga Makanan Menghindari makanan berlemak atau yang mengandung serat tidak larut.
  • Tidak Berdiri Lama Tidak berdiri dalam waktu lama untuk mencegah pembengkakan kaki semakin parah.

Apa Bunda Merasakan
  • ASI bocor Bunda juga mungkin akan mengalami rembesan ASI pertama yang disebut kolostrum. Jika Bunda tidak nyaman bisa memakai breastpad untuk mengatasinya.
  • Muncul Bercak Darah dari Vagina Beberapa Bunda juga mungkin akan mengalami keputihan yang disertai dengan bercak darah merah muda dan coklat, sebagai tanda bahwa pembuluh di serviks pecah selama pelebaran dan penipisan.
  • Diare Bagi Bunda yang mengalami diare di minggu-minggu terakhir kehamilan, sudah bisa bersiap-siap melahirkan ya. Saat Bunda mengalami diare minggu ini, itu mungkin berarti persalinan sudah dekat.

Pada perkembangan janin minggu ke-38, lanugo akan rontok. Sedangkan pita suara bayi telah berkembang yang nantinya akan berkembang menjadi bentuk tangisan. Beratnya sekitar 3.100 gram dengan panjang 50,7 cm.