sign up SIGN UP search


Minggu 36

Minggu 37

Minggu 38
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Semangka

Berat 2900 - 3100 gr
Tinggi 46 - 48 cm

Pada minggu ini, janin masih berlatih untuk kelahirannya. Ia juga masih menghirup dan menghembuskan air ketuban, mengerjap dari sisi ke sisi.

Selain itu, mengutip dari Whattoexpect, perkembangan ketangkasan jari-jari janin juga sudah lebih bagus dari sebelumnya. Sekarang ini, dia sudah dapat menggenggam benda yang lebih kecil seperti jari kaki atau hidungnya.

Itu sebabnya, janin ketika dilihat dari ultrasound (USG) sering mengisap jempol. Itu dilakukannya sebagai persiapan menyusu setelah ia lahir nantinya.

Paru-paru bayi juga sudah berkembang dengan matang. Seminggu sebelum waktu lahir, janin terus melakukan stimulasi pernapasan dengan menghirup dan mengeluarkan cairan ketuban, mengisap jempolnya, berkedip dan berputar dari sisi ke sisi.



Bunda Jangan Lupa
  • Kontrol ke Dokter Minggu Ini Jelang persalinan biasanya Bunda diminta untuk kontrol ke dokter setiap minggu.
  • Pijat Perineum Melakukan pijat perineum dibantu suami, untuk membantu meregangkan area antara vagina dan rektum. Hal ini untuk memudahkan bayi lahir.
  • Menjaga Cairan Tubuh Tercukupi Menjaga asupan minum sampai waktu persainan tiba.

Bunda Baiknya
  • Jangan Stres Menghindari stres agar tak mengganggu proses persalinan.
  • Berlatih Mengurus Bayi Berlatih mengurus bayi menggunakan perlengkapan yang sudah disiapkan untuk si kecil.
  • Melakukan Tes Tambahan yang Diperlukan Melakukan tes Streptokokus B Group untuk memeriksa apakah ada bakteri yang berbahaya saat bayi lahir.
  • Mencari Informasi Dokter Anak Mencari informasi dokter anak sesuai dengan kebutuhan, agar saat si kecil lahir pekan depan Bunda tidak bingung lagi.

Apa Bunda Merasakan
  • Nafsu Makan Meningkat Ibu yang hamil anak laki-laki biasanya akan mengalami peningkatan nafsu makan lebih besar. Itu nafsu makan lebih besar. Itu sebabnya perut jadi lebih sesak minggu ini.
  • Kurang Bisa Merasakan Tendangan Janin Bunda jadi tidak terlalu bisa merasakan tendangan janin akibat ruangan rahim yang sempit.
  • Pelebaran Serviks Pada minggu ke-37, ada serviks Bunda yang sudah mulai mengalami pelebaran. Di mana nantinya akan terbuka hingga 10 cm agar bayi dapat melewati jalan lahir.

Pada perkembangan janin minggu ke-37, masih akan menghirup dan menghembuskan air ketuban. Jari-jari janin sudah bisa menggegam. Beratnya akan naik sekitar 2.900-3.100 gram dengan panjang 46-48 cm, atau seukuran semangka.