sign up SIGN UP search


Minggu 4

Minggu 5

Minggu 6
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Biji Padi

Berat 1 gr
Tinggi 0,1 cm

Memasuki usia kehamilan lima minggu, organ tubuh bayi bersiap untuk terbentuk. Di minggu ini, detak jantung juga mulai muncul.

Embrio di minggu ini memiliki tiga lapisan. Pertama, lapisan ektoderm luar yang akan membentuk sistem saraf, telinga, mata, dan jaringan ikat. Kedua, lapisan dalam atau endoderm, yang akan tumbuh menjadi organ-organ internal seperti paru-paru, usus, dan kandung kemih.

Terakhir yaitu mesoderm tengah untuk membentuk jantung dan sistem peredaran darah. Dalam beberapa minggu, mesoderm akan berkembang menjadi tulang, otot, ginjal, dan organ reproduksi.

Pertumbuhan saraf dimulai ketika selapis sel di bagian punggung embrio melipat di bagian tengah sehingga membentuk tabung. Inilah yang disebut tabung saraf sebagai tempat otak, tulang belakang, dan sumsum tulang belakang serta saraf akan tumbuh.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Kandungan Pada usia kehamilan lima minggu biasanya berbagai tanda sudah muncul, termasuk telat menstruasi. Saatnya mengunjungi dokter kandungan untuk pertama kali.
  • Hindari Rokok dan Kafein Berhenti merokok agar tidak mengganggu kadar oksigen yang dibutuhkan bayi. Sedangkan kafein yang berlebihan dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah.

Bunda Baiknya
  • Konsumsi Makanan Bergizi Ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan sehat untuk mencegah anak stanting. Hal itu dapat dimulai dari awal kehamilan yang masuk dalam periode 1000 hari pertama kehidupan anak.
  • Hindari Makanan Bermerkuri Hindari makanan yang mengandung merkuri atau produk susu yang tidak dipasteurisasi. Misal ikan dari laut yang kadar pencemaran limbahnya tinggi.
  • Konsumsi Vitamin Konsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat, serta kandungan asam lemak omega 3, DHA, dan EPA.

Apa Bunda Merasakan
  • Morning Sickness Di usia kehamilan lima minggu, ibu hamil akan merasa mual, pusing, sering buang air kecil, kram perut, pendarahan vagina, kelelahan, perubahan payudara, dan perubahan suasana hati.

Pada perkembangan janin minggu ke-5, organ sudah siap terbentuk dan detak jantung mulai muncul. Ukurannya sendiri sudah naik menjadi sebesar biji buah stroberi dengan berat 1 gram