sign up SIGN UP search


Minggu 5

Minggu 6

Minggu 7
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Blueberry

Berat 1 gr
Tinggi 0,2 cm

Memasuki usia kehamilan enam minggu, hormon kehamilan yakni hCG (human Chorionic Gonadotropin) dapat terdeteksi dalam jumlah sedikit di urin. Sedangkan janin sudah berkembang pesat. Bentuknya kini terlihat seperti kecebong dengan ekor kecil.

Pada minggu ini, jantung janin dalam kandungan juga sudah berdetak dengan irama teratur. Di minggu ini otak bayi sudah mulai terbentuk.

Organ utama, seperti ginjal telah mulai berkembang. Sedangkan tabung neural yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang menutup.

Anggota tubuh atas dan bawah dari embrio mulai berkembang yang akan menjadi lengan dan kaki. Usus berkembang di dalam tali pusat dan usus buntu juga sudah ada.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Setelah konsultasi ke dokter, Bunda bisa mengikuti saran mengenai makanan sehat apa saja yang bagus untuk membantu perkembangan janin. Termasuk menghindari makanan pedas dan berminyak.
  • Mengonsumsi Vitamin Prenatal Konsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat, serta kandungan asam lemak omega 3, DHA, dan EPA. Disarankan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat sehari ketika mencoba hamil sampai kehamilan 12 minggu.
  • Mencukupi Kebutuhan Air Minum Ibu hamil disarankan untuk menjaga asupan minum sebanyak 8-12 gelas perhari. Minum secara bertahap agar tidak mual. Bunda juga bisa mengurangi mual dengan mencoba air dingin.

Bunda Baiknya
  • Menghindari Berbaring Setelah Makan Bunda disarankan untuk tidak langsung berbaring atau bersandar setelah makan. Tujuannya agar tidak mual dan tidak heartburn, yaitu sensasi terbakar di tenggorokan dan bagian dada berdebar.
  • Makan Sedikit Bunda disarankan makan sedikit tapi sering. Sehingga tidak memicu mual dan muntah. Misalnya, makan 1-2 sendok setiap satu jam sekali. Tujuannya untuk menghindari muntah dan heartburn.
  • Mengonsumsi Obat Mual Saat konsultasi dengan dokter minggu lalu, biasanya Bunda yang mual hebat akan diresepkan obat. Kalau mual sudah sangat mengganggu bisa mulai dikonsumsi.
  • Pemeriksaan Lebih Lanjut Bunda akan ditawarkan pemeriksaan lainnya, bila ditemukan kelainan bawaan yakni amniosintesis dan CVS (Chorionic Villous Sampling).

Apa Bunda Merasakan
  • Morning Sickness Mual menjadi ciri awal kehamilan yang paling khas. Bunda bisa mengonsumsi teh atau air jahe, serta menghindari bau yang memicu rasa mual.
  • Pusing Atur waktu istirahat agar pusing tidak semakin parah. Bunda bisa mulai mencoba tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Sehingga ada waktu lebih lama di tempat tidur untuk menyiapkan tubuh sebelum berdiri.
  • Perubahan Suasana Hati Di awal kehamilan sangat wajar mengalami mood swing karena perubahan hormon kehamilan yang melonjak. Bicarakan dengan suami mengenai perubahan suasana hati Bunda.

Pada perkembangan janin minggu ke-6, ukuran sudah naik hingga sebesar biji buah delima atau kacang polong. Jantung berdetak teratur, dan otak bayi mulai terbentuk.